Mengenal Aturan Hidup Ikigai yang Sering Jadi Rujukan Hidup Bahagia, Sudah Pernah Coba?
Ilustrasi Menerapkan Aturan Hidup Ikigai (Kourosh Qaffari/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Tak dapat disangkal bahwa saat ini jadi era teknologi. Hal itu tentu membawa dampak negatif, salah satunya adalah menimbulkan kesepian dan mengurangi tingkat kebahagian seseorang. Tak perlu khawatir, Anda bisa menerapkan aturan hidup Ikigai untuk memperbaiki kesehatan mental Anda.

Menerapkan Aturan Hidup Ikigai

Sebuah buku berjudul 'Ikigai' mampu membantu seseorang dalam hal self-development karena Ikigai digunakan untuk mencari nilai kehidupan. Tim VOI mencoba merangkum 6 dari 10 aturan inti dari Ikigai yang harus diketahui manusia modern.

Tetap Aktif

Peraturan pertama adalah terus bergerak. Itu tidak berarti Anda harus bekerja terlalu keras sampai masa pensiun, tetapi Anda bisa terus bergerak dengan melakukan pekerjaan yang Anda sukai seperti menulis, melukis, dan sebagainya.

Santai Saja

Melakukan sesuatu dengan tergesa-gesa membuat banyak tekanan pada Anda dan menghasilkan tugas yang tidak lengkap. Pada akhirnya, Anda tidak menjalani kehidupan seperti yang diharapkan. Jadi, kerjakanlah segala sesuatu dengan perlahan.

Berada di Lingkungan Pertemanan yang Baik

Peraturan ini didasarkan pada kebutuhan utama manusia, yaitu saling komunikasi. Untuk menjaga kesehatan mental, jaga hubungan baik dengan teman dekat yang baik agar bisa saling mendorong maju dan berkembang.

Tetap Tersenyum

Menurut penelitian, tersenyum dapat memperpanjang hidup, mengurangi tingkat stres dan menghilangkan suasana hati yang buruk. Sering-seringlah tersenyum agar aura positif akan selalu mengelilingi Anda.

Berinteraksi dengan Alam

Alam pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dari manusia, karena manusia memiliki tugas merawatnya. Berinteraksi dengan alam dapat membuat pikiran tenang dan menyegarkan mata.

Selalu Berterima Kasih

Selalu bersyukur akan segala hal akan membawa pikiran yang tenang dan damai. Semakin sering Anda mensyukuri apapun, semua pikiran buruk akan terlempar dari benak Anda.