Mengenal Peptida, Kandungan Bahan <i>Skincare</i> yang Diklaim Anti Penuaan Dini
Ilustrasi fungsi kandungan peptida dalam skincare (Freepik)

Bagikan:

JAKARTA – Seperti halnya memahami bahan-bahan makanan, kita juga perlu mengetahui manfaat dari bahan-bahan dalam produk perawatan kulit. Pasalnya, skincare merupakan asupan ‘makanan’ bagi kulit. Salah satu bahan kandungan skincare yang baru-baru ini populer ialah peptida. Apa itu peptida?

Peptida, adalah protein yang membuat kulit tampak awet muda, dilansir Health, Jumat, 7 Januari. Seorang dokter kulit dan pendiri Skin Science Dermatology di Toronto, Geeta Yadav, MD. mengatakan bahwa peptida dalam produk kosmetik dan perawatan kulit fungsinya sama dengan kolagen dan elastin.

Tambah Blair Murphy-Rose, MD., seorang dokter kulit di Pusat Bedah Laser dan Kulit di New York, banyak peptida yang cukup kecil ukurannya dan menembus kulit. Efeknya lebih efektif dibanding formula peptida dengan molekul yang lebih besar.

“Dalam perawatan kulit, peptida paling dikenal untuk merangsang perbaikan kulit dan menghambat tanda-tanda penuaan,” ucap dokter Yadav.

Baiknya lagi, peptida tidak memicu efek iritasi yang bisa saja bahan lain bisa membuat kulit iritasi seperti retinoid. Ini karena peptida umumnya bekerja bersama sel-sel untuk melakukan tugas meningkatkan produksi kolagen dan elastin alami. Nah, lebih penting lagi diketahui bahwasanya produksi kolagen dan elastin alami mulai menurun setelah usia 20 tahun.

Terang Yadav lagi, peptida juga mampu membantu melindungi kulit agar sehat dan mempercepat penyembuhan luka dari efek botox ringan.

Ahli kimia perawatan kulit, Gloria Lu dan Victoria Fu mengatakan bahwa peptida banyak dikemas sebagai formula dalam produk perawatan. Umumnya peptida disandingkan dengan komposisi bahan aktif seperti vitamin C, hyaluronat acid, dan niacin. Murphy-Rose juga memberikan saran bahwa peptida lebih efektif dalama prduk serum. Karena kontak jangka panjang lebih efisien dengan produk tersebut dibanding pelembap atau pembersih wajah.

Terdapat ribuan skincare yang menggunakan peptida sebagai formula penting. Nah, Anda dapat menemukan di keterangan komposisi bahan pada produk tersebut. Saat mencari peptida dalam produk perawatan kulit, cari bahan dengan akhiran –peptide atau diawali dengan palmitoyl-, misalnya, palmitoyl pentapeptide dan acetyl tetrapeptide-9.