Ketahui Penyebab Komedo di Wajah yang Justru Kerap Tak Disadari
Ilustrasi mencegah penyebab komedo di wajah (Sam Lion/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Untuk menjaga kulit wajah dan menjaga kecantikan, salah satu yang harus diminimalisir adalah keberadaan komedo. Namun, kadang komedo tetap bandel meski telah berusaha dicegah. Ternyata kemunculannya bisa berkaitan dengan banyak hal, salah satunya kebiasaan. Ada kebiasaan penyebab komedo di wajah yang patut diketahui.

Penyebab Komedo di Wajah

Komedo adalah masalah kulit yang kerap dialami oleh masyarakat sekaligus mengganggu penampilan. Perubahan hormon dan paparan lingkungan bisa jadi penyebab munculnya komedo karena minyak dan bakteri yang terperangkap pada pori-pori.

Untuk menghindarinya, ketahui penyebab komedo yang sering diabaikan oleh masyarakat.

1. Alergi

Alergi dapat menyebabkan komedo tumbuh lebih banyak dari biasanya. Setiap orang memiliki potensi alergi yang berbeda-beda dari makanan yang dikonsumsi, jadi pastikan Anda menjauhi makanan yang makanan yang membuat komedo yang membuat komedo bertumbuh banyak.

2. Kotoran di wajah

Bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas outdoor dan mobilitas yang tinggi, polusi udara dapat menjadi penyebab komedo. Pastikan Anda selalu menutup wajah dengan masker setiap berpergian jadi salah satu cara merawat kulit.

Sesekali bersihkan wajah dengan handuk hangat supaya kotoran yang menyumbat pori-pori dapat keluar dengan sempurna, kemudian lanjutkan dengan mencuci wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka.

3. Mengonsumsi makan berlemak dan tinggi gula

Makanan yang Anda konsumsi sehari-hari dapat menjadi penyebab komedo. Sisa lemak dan gula yang dikonsumsi dapat menjelma menjadi komedo yang timbul di kulit sekitar wajah, komedo, dan juga punggung.