Kerap Ada dalam Produk Perawatan, Ketahui 5 Manfaat Niacinamide dalam Skincare
Ilustrasi menggunakan skicare (Koolshooter/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Salah satu cara merawat kulit adalah menggunakan skincare. Dalam produk perawatan, berbagai zat digunakan untuk membantu menyehatkan dan merawat kulit. Salah satu zat yang kerap ada adalah Niacinamide.

Niacinamide dikenal sebagai bahan aktif yang bisa diterapkan pada semua jenis kulit. Produk turunan dari bentuk Niacin atau Vitamin B3 ini punya fungsinya sendiri. Tidak hanya semata-mata vitamin B3, namun jadi zat yang diproduksi tubuh saat kelebihan asupan vitamin B3 atau asam amino triptofan.

Manfaat Niacinamide yang Ada dalam Skincare

Zat Niacinamide bisa ditemukan di berbagai produk kecantikan, baik yang berbentuk pembersih wajah, serum, hingga moisturizer. Kandungan ini dipercaya mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti jerawat, kulit berminyak, dehidrasi, rosacea, hiperpigmentasi dan warna kulit tidak merata.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini 5 manfaat Niacinamide yang telah dirangkum oleh VOI.

1. Memudarkan Noda Gelap dan Bekas Jerawat

Hiperpigmentasi merupakan kondisi munculnya noda hitam atau bercak pada kulit yang disebabkan dari produksi pigmen melanin yang berlebihan. Bercak gelap terkadang dapat pula disebabkan karena peradangan yang terjadi selama kulit berjerawat.

Ada sebuah penelitian yang menunjukan bahwa kandungan 5 persen dari Niacinamide dapat membantu mencerahkan kulit karena dapat merangsang produksi kolagen kulit sehingga noda hitam dan bekas jerawat jadi tersamarkan.

2. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Perlu diketahui bahwa bekas jerawat berpotensi untuk kembali meradang bila kulit Anda sering terpapar sinar matahari. Nah, di sini Niacinamide berfungsi sebagai pelindung. Senyawa ini dapat menjaga kelembaban dan kekuatan kulit sehingga sinar matahari tidak mengakibatkan peradangan kulit yang berbahaya bagi bekas-bekas jerawat.

3. Mencegah Penuaan Dini

Disebutkan sebelumnya bahwa Niacinamide dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas pada kulit. Nah, penggunaan Niacinamide secara rutin setiap hari dapat menjadikan permukaan dan tekstur kulit menjadi lebih halus serta garis halus dan keriput tersamarkan. Bahan aktif yang banyak terdapat dalam produk anti-aging juga dapat mencegah penuaan kulit akibat sinar matahari, polusi, dan racun dari lingkungan.

4. Melembabkan kulit

Niacinamide dapat membantu pembentukan keratin, yakni protein yang menjaga kulit tetap sehat dan kuat. Ditambah lagi penggunaan Niacinamide pun dapat merangsang pembentukan lapisan ceramide yang berfungsi sebagai pelindung dan penjaga kelembaban jaringan kulit.

Selain itu, Niacinamide juga memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit. Nah, bagi Anda yang memiliki kulit kering Niacinamide ini bisa menjadi pilihan karena memiliki kemampuan untuk melembabkan permukaan kulit. Niacinamide bekerja sangat baik dengan bahan pelembab umum seperti gliserin, minyak nabati tidak harum, natrium PCA, dan natrium hyaluronate.

5. Mengontrol Minyak Berlebih

Jenis vitamin B3 ini dapat mencegah cara kerja kelenjar sebasea agar tidak berlebihan dalam memproduksi minyak ditambah dengan Niacinamide untuk menjaga hidrasi kulit. Maka bagi pemilik kulit berminyak Niacinamide dapat mengendalikan produksi minyak berlebih yang diproduksi oleh kelenjar sebasea dan menjaga hidrasi kulit dengan baik. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan terhindar dari risiko munculnya jerawat akibat produksi minyak berlebih.

Namun perlu diingat, ke-5 manfaat di atas hasilnya tidak instan, ya! Manfaat niacinamide ini biasanya akan terlihat setelah Anda rutin menggunakan produknya minimal 4 minggu.