6 Minuman yang Baik untuk Kulit Agar Tetap Sehat dan Terlihat Segar
Ilustrasi minuman yang baik untuk kulit sehat, segar, dan bercahaya (Freepik/Drobotdean)

Bagikan:

SURABAYA - Salah satu cara merawat kulit tidak hanya dengan skincare saja, namun memenuhi nutrisi kulit melalui minuman. Ada banyak minuman yang baik untuk kulit, sehingga kondisinya tetap sehat dan terlihat segar.

Minuman yang Baik untuk Kulit

Dokter kulit di Schweiger Dermatology Group, Rachel Nazarian, MD., menjelaskan bahwa asupan terbaik untuk kulit justru berasal dari bahan-bahan yang biasa ada di sekitar Anda. Apa yang dimakan dan bersifat alami mampu membuat kulit nampak segar dan bercahaya.

Agar hasil perawatan kulit maksimal, berikut, ini minuman yang disarankan dermatolog, dilansir Marie Claire, Rabu, 16 Februari.

1. Teh hijau

Berbagai produk kecantikan memakai teh hijau sebagai bahan dasar. Ini dilatarbelakangi kandungan antioksidan di dalam teh hijau, disebut dengan katekin dan polifenol. Kedua senyawa tersebut membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV dan mengurangi risiko terbakar matahari. Seperti yang kita tahu, antioksidan juga bermanfaat mengurangi kemerahan karena iritasi dan peradangan.

2. Air mineral

Air mineral ditempatkan sebagai ‘ramuan’ pertama, karena tidak ada yang membuat kulit terlihat kenyal dan segar selain cukup menghidrasi tubuh. Menurut Nazarian, minum air mineral membantu kulit menjaga elastisitas dan menciptakan tampilan yang sehat. Dalam sehari, setidaknya Anda bisa minum 8 gelas air mineral.

3. Jus sayuran dengan kale

Untuk membuat rasa lebih sedap, Anda bisa menambahkan apel, mangga, ataupun pisang. Tetapi jangan lewatkan kale, sebab sayuran ini mengandung multivitamin.

“Ia memiliki vitamin A (yang juga ditemukan dalam krim anti-penuaan seperti retinol) dan membantu mendorong pertumbuhan sel dan pergantian sel sehat, menyingkirkan kulit kusam,” tutul Nazarian.

Kale juga mengandung vitamin C dan tembaga yang merupakan zat penting menjaga kulit tetap kuat dan regenerasi secara efisien. Jus sayuran dengan kale bisa diminum pada pagi hari menemani Anda memulai aktivitas.

4. Jus delima

Paling disarankan meminum jus delima dari buah segar. Sebab lebih alami dan pemanis tambahan bisa lebih terkontrol.

Delima juga mengandung polifenol yang bersifat antioksidan, sama seperti teh hijau. Bedanya, tingkat polifenol dua kali lebih banyak buah delima daripada teh hijau. Manfaatnya bisa membantu kulit memproduksi kolagen sehingga lebih sedikit kerutan dan garis halus.

5. Infused water berbahan mentimun

Mentimun 90 persen mengandung air sehingga membantu menghidrasi kulit. Selain itu, mentimun mengandung mineral seperti magnesium dan potasium. Kandungan tersebut membantu menjaga keseimbangan pH basa kulit dan mengurangi peradangan. Nah, Anda bisa mengolah mentimun menjadi infused water bersama daun mint, irisan stroberi, ataupun jeruk lemon.

6. Susu kedelai

Banyak sekali manfaat dari minum susu kedelai, antara lain membantu produksi kolagen, mengurangi penuaan, dan penggelapan warna kulit. Susu kedelai mengandung isoflavon yang membantu kulit Anda selalu tampak awet muda.

Jika Anda minum kopi pada siang hari, tak ada salahnya menambahkan susu kedelai dalam secangkir kopi. Artinya Anda bisa menggantikan susu sapi dengan susu nabati berbahan kedelai.

Itulah ramuan minuman sehat yang bikin kulit kencang dan bercahaya. Anda bisa menyesuaikan waktu pada setiap resep ramuannya dan dapatkan manfaatnya untuk kulit.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bisa Diminum Kapan Saja, 6 Minuman yang Bikin Kulit Segar dan Bercahaya.

Selain terkait minuman yang baik untuk kulit, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.