Penderita Diabetes Perlu Jeli, Kenali 5 Makanan yang Mengandung Gula Tersembunyi
Ilustrasi makanan gula tersembunyi (Unsplash/Alice Pasqual)

Bagikan:

JAKARTA – Bagi Anda dengan diabetes, mengurangi konsumsi manis bahkan menghindari minum gula perlu dilakukan. Minuman bersoda dan roti putih tentu tak sehat bagi seseorang dengan diabetes. Selain itu, beberapa daftar makanan mengandung hidden sugar atau gula tersembunyi.

Gula tersembunyi adalah komposisi pemanis yang dalam label makanan dituliskan dengan kata berakhiran “osa” seperti fruktosa, maltosa, sukrosa, dekstrosa. Ada juga yang menuliskan dengan “syrup” ataupun “sugar”. Apa saja daftar makanan yang mengandung gula tersembunyi? Mengutip berbagai sumber, berikut yang perlu Anda hindari dan cek secara lebih teliti.

1. Produk tomat

Dilansir laman St. Luke’s Health Organization, Kamis, 24 Februari, banyak produk-produk berbahan tomat dijual di toko swalayan maupun toko kelontong. Seperti saus tomat yang cenderung memiliki 4 gram gula per sendok makan. Sedangkan produk lain misalnya sup tomat, mengandung kurang lebih 10 gram gula setiap porsinya.

Oleh karena fakta di atas, Anda perlu jeli meneliti komposisi dari produk makanan yang ingin dibeli. Carilah makanan yang tidak mengandung glukosa tambahan di kolom komposisi.

makanan gula tersembunyi
Ilustrasi makanan gula tersembunyi (Unsplash/Icons8 Team)

2. Saus salad

Salad berbahan makanan sehat. Meskipun begitu, hati-hati dalam memakai saus salad. Saus salad atau dikenal dengan salad dressings dari vinaigrette Italia mengandung sekitar 3 gram gula per takaran saji. Sedangkan mustard mengandung gula lebih tinggi, sekitar 7 gram setiap takaran saji. Selain itu catalina juga mengandung 8 gram gula.

Artinya, pilih saus salad yang tidak merugikan diet Anda. Misalnya dengan memakai dressings dari air perasan lemon, olive oil, dengan taburan herba yang beraroma untuk memperkaya rasa.

3. Susu non-dairy

Susu dari non-dairy umumnya dianggap lebih sehat sebagai menu diet. Namun, perhatikan dengan teliti komposisi yang terkandung untuk peningkat rasa. Misalnya, satu porsi susu kedelai mengandung sekitar 6 gram gula, satu porsi susu oat rendah lemak mengandung sekitar 9 gram, dan satu porsi susu almond mengandung sekitar 8 gram. Saat berbelanja, pilih paling tepat tanpa pemanis.

4. Buah kaleng

Dalam diet sehat, buah salah satu menunya. Tetapi sebisa mungkin jadikan buah kaleng sebagai daftar terakhir setelah buah segar musiman. Buah yang sedang musim lebih baik dibanding buah kaleng. Pasalnya, dalam mengemas buah, produsen bukan tidak mungkin menambahkan sirup yang mengandung 11-27 gram gula per sajian. Karena buah mengandung gula alami, maka pilih buah dengan label ‘tanpa pemanis’ atau ‘tanpa tambahan gula’.

5. Yoghurt

Jika Anda menyukai yoghurt dengan rasa, intip label komposisinya. Dilansir Hopkins Medicine, kiat supaya aman dan tidak mengonsumsi hidden sugar¸ kiatnya lihat dan mencari yoghurt yang tidak terlalu manis. Lebih baik pilih yoghurt dengan rasa tawar dan tambahkan rasa dari buah segar setelah di rumah.

Itulah 5 makanan yang mengandung gula tersembunyi. Teliti dan membatasi merupakan cara untuk meminimalisir gula dalam darah naik.