Tempat Wisata di Mandalika yang Patut Anda Kunjungi Setelah Tonton MotoGP
Para pebalap MotoGP siap beradu kecepatan di Sirkuit Mandalika. (Dok. Situs resmi MotoGP)

Bagikan:

SURABAYA - Akhir pekan ini akan digelar MotoGP seri kedua musim 2022 yang akan digelar di Mandalika, sebuah kawasan wisata lokasinya berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bagi Anda yang berencana untuk menonton even MotoGP Mandalika, bisa mampir ke beberapa tempat wisata di Mandalika.

MotoGP Mandalika 2022

MotoGP Mandalika sendiri akan dimulai pada Jumat, 18 Maret. Diawali dengan sesi latihan bebas pertama. Balapan sendiri akan diadakan pada hari Minggu, 20 Maret.

Selain bapal MotoGP, sirkui Mandalika akan digunakan sebagai ajang balapan kelas lain dalam Grand Prix of Indonesia. Selain MotoGP, ada juga Moto2, Moto3, dan Asia Talent Cup (ATC) 2022.

Kawasan wisata Mandalika benar-benar jadi magnet. Seperti diungkapkan

Direktur Utama ITDC (Indonesia Tourism Developement Corporation) Abdulbar M. Mansoer beberapa waktu lalu, kawasan ini sangat lengkap dan bisa disiapkan untuk olahraga apapun. 

Tempat Wisata di Mandalika

Berikut ini adalah beberapa kawasan wisata di Mandalika yang layak jadi tempat olahraga internasional. Dikutip VOI dari berbagai sumber.

1. Pantai Tunjung Aan

Pertama, ada Pantai Tunjung Aan. Sebelum MotoGP, Indonesia pernah menggelar triathlon trial di kawasan The Mandalika. Ini merupakan kegiatan olahraga berupa berenang di Pantai Tanjung Aan sejauh 500 meter, dilanjutkan dengan bersepeda sepanjang 7 kilometer ke arah West Gate The Mandalika dan berlari sejauh 2,5 kilometer sampai Kuta Beach Park.

2. Kuta Beach Park

Lalu, ada Kuta Beach Park. Kawasan ini pernah jadi lokasi event paralayang Trip of Indonesia (TROI) di Kuta Beach Park. Lalu, area Pantai Seger yang jadi tuan rumah motor cross (trabas), Mandalika Offroad Championship, dan kompetisi surfing internasional.

Tak sampai di situ. L’Etape Indonesia by Tour de France yang diikuti 1.308 peserta dari Indonesia dan 12 negara lain juga berlangsung di kawasan ini pada 20 Februari kemarin.

Rutenya meliputi keliling Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Pariwisata Mandalika, termasuk di dalam sirkuit, by pass Bandara Internasional Lombok – Mandalika yang baru dibangun, perbukitan Torok Aik Beliq. Pebalap lantas mengelilingi Kota Praya, lalu kembali ke Mandalika.