Gejala Kanker Ovarium yang Sebaiknya Diketahui Agar Bisa Ambil Langkah Antisipasi Sesegera Mungkin
Gejala kanker ovarium (ANTARA/Shutterstock/mi_viri)

Bagikan:

SURABAYA - Kanker ovarium jadi salah satu momok yang harus diwaspadai. Masalah kesehatan ini kerap muncul tanpa disadari oleh penderitanya. Bahkan, gejala kanker ovarium tak banyak diketahui oleh penderitanya. Padahal mengetahui gejala kanker ovarium lebih awal akan membantu pasien meraih kesembuhan.

Gejala Kanker Ovarium

Patut diketahui bahwa ada beberapa tanda dan gejala kanker ovarium yang dirasakan oleh pasien. Gejalan tersebut, oleh dr. Niti Raizada, direktur onkologi hemato dari Rumah Sakit Fortis, Richmond Road, Bangalore, India, akan dimulai pada organ wanita yang menghasilkan sel telur.

Adapun gejala yang diderita pasien kanker ini adalah perut kembung, perubahan kebiasaan buang air besar, gangguan pencernaan, mual, penurunan berat badan drastis, kelelahan, ketidaknyamanan di panggul, sakit punggung, frekuensi buang air kecil meningkat serta menstruasi yang tidak teratur.

Wanita Berpotensi Kena Kanker Ovarium

Tak hanya itu, tanda seperti kesulitan makan, terdapat cairan di perut yang disebut asites, serta masalah buang air kecil lain juga akan dirasakan. Akan tetapi, ciri tersebut merupakan gejala jika seseorang sudah berada di stadium lanjut ketika kanker telah menyebar ke panggul dan perut.

"Sayangnya, tidak ada gejala pada tahap awal. Ketika kanker terkandung di ovarium, itu adalah yang paling mudah untuk diobati," ujar dr. Raizada dilansir Indian Express, dari Antara, Minggu, 27 Maret.

"Setiap wanita yang memiliki indung telur berisiko terkena kanker ovarium, meskipun ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko ini," lanjutnya.

Saat Anda merasakan beberapa gejala seperti di atas, alangkah baiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter kepercayaan Anda.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ini Tanda dan Gejala Kanker Ovarium, Jangan Diabaikan!

Selain terkait gejala kanker ovarium, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.