6 Penyebab Kram Perut Setelah Berhubungan Seksual yang Mungkin Akan Anda Alami Suatu Saat Nanti
Ilustrasi hubungan intim (Pixelfit/istockphoto)

Bagikan:

SURABAYA - Tak banyak pasangan mengetahui penyebab kram perut setelah berhubungan seksual. Padahal, potensi terjadi kram perut bisa terjadi pada siapa saja. Oleh karena itu pengetahuan ini cukup penting. Fenomena kram perut setelah hubungan intim disebut dispareunia.

Penyebab Kram Perut Setelah Berhubungan Seksual

Kram pasca hubungan seks terjadi karena banyak faktor salah satunya terkait ketegangan otot. Melansir Medical News Today, Jumat, 25 Maret, ada beberapa penyebab kram perut terjadi, baik pada pria atau wanita.

1. Orgasme

Kurangnya seks edukasi membuat orang tak tahu bahwa orgasme ternyata juga bisa menyebabkan kram. Orgasme melibatkan kontraksi yang tidak disengaja dari otot-otot di dan dasar panggul. Jika otot-otot ini terus berkontraksi secara intens, mereka dapat menyebabkan kram sesaat setelah berhubungan seks.

2. Ketegangan Otot

Mirip dengan saat berolahraga, ketegangan otot panggul dan perut saat berhubungan seks terkadang bisa menyebabkan kram. Otot yang tegang, dehidrasi, atau otot yang bekerja dalam posisi asing semuanya dapat menyebabkan kram. Kram ini biasanya hilang setelah beberapa detik hingga menit.

3. Kandung Kemih Bermasalah

Demikian juga, masalah pada kandung kemih juga dapat menyebabkan rasa sakit setelah berhubungan seks. Kandung kemih berada tepat di depan rahim, dan hubungan seksual terkadang dapat mengiritasinya.

Apalagi jika seseorang memiliki infeksi saluran kemih atau kondisi yang disebut sistitis interstisial, yang menyebabkan rasa sakit dan tekanan pada panggul dan sistem saluran kemih.

4. Trauma Emosional

Terkadang, trauma masa lalu atau masalah emosional seputar seks dapat bermanifestasi sebagai ketidaknyamanan fisik atau rasa sakit selama atau setelah hubungan seksual. Bahkan rasa stres dan kecemasan sehari-hari dapat menumpuk dan menyebabkan ketegangan atau kram otot.

5. Memiliki Infeksi Seksual yang Menular

Beberapa infeksi menular seksual (IMS), terutama klamidia dan gonore, dapat menyebabkan kram perut, termasuk setelah berhubungan seksual.

Banyak IMS tidak menimbulkan gejala apa pun, jadi yang terbaik adalah melakukan tes secara teratur. Beberapa IMS juga dapat menyebabkan keluarnya cairan dari penis atau vagina, serta nyeri saat buang air kecil.

6. Usus Bermasalah

Masalah dengan sistem pencernaan dapat menyebabkan kram perut. Sembelit dan gas adalah dua penyebab umum kram perut setelah berhubungan seks. Masalah usus lainnya, seperti sindrom iritasi usus, juga dapat menyebabkan kram.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pernah Alami Kram Perut Setelah Berhubungan Seksual? Kenali 6 Penyebabnya.

Selain terkait penyebab kram perut setelah berhubungan seksual, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.