4 Fakta Menarik Tentang Menyusui yang Jarang Diketahui Para Ibu
Fakta menarik tentang menyusui (Helena Lopes/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Menyusui adalah bagian dari parenting yang harus dilakukan oleh seorang ibu. Dengan menyusui, anak akan mendapat nutrisi penting yang mendorong pertumbuhan dan kesehatan sang bayi. Di luar hal tersebut, tahukah Anda bahwa ada fakta menarik tentang menyusui yang jarang diketahui orang?

Menyadur Mayo Clinic, Rabu 30 Maret, berikut fakta menarik yang perlu Anda ketahui tentang menyusui.

Butuh kalori tambahan per hari

Iya, setidaknya Anda memerlukan sedikitnya 330 hingga 400 kalori tambahan per hari untuk memberi Anda energi dan nutrisi untuk memproduksi ASI.

Untuk mendapatkan kalori ekstra ini, pilihlah makanan yang kaya nutrisi, seperti sepotong roti gandum dengan satu sendok makan selai kacang, pisang atau apel berukuran sedang, dan 227 gram yogurt.

Pilih makanan yang benar

Fokuslah pada konsumsi makanan sehat untuk memproduksi ASI. Pilih makanan kaya protein, seperti daging tanpa lemak, telur, susu, kacang-kacangan, lentil, dan makanan laut rendah merkuri. Pilih berbagai biji-bijian serta buah-buahan dan sayuran.

Apa yang Anda makan sangat berpengaruh pada rasa ASI yang dihasilkan. Tujuannya untuk membantu anak anak berkenalan dengan rasa makanan padat di kemudian hari. Untuk memastikan Anda dan bayi mendapatkan semua vitamin yang dibutuhkan, jangan lupa konsumsi suplemen multivitamin dan mineral setiap hari sampai waktu menyapih tiba.

Perhatikan minum

Minumlah saat haus dan minum lebih banyak jika urin Anda berwarna kuning tua. Anda bisa minum segelas air atau minuman lain setiap kali menyusui.

Namun, berhati-hatilah dengan jus dan minuman manis. Terlalu banyak gula dapat berkontribusi pada penambahan berat badan atau menyabotase upaya Anda untuk menurunkan berat badan saat hamil. Terlalu banyak kafein juga bisa merepotkan. Batasi diri untuk tidak konsumsi lebih dari 2 hingga 3 cangkir minuman berkafein sehari. Kafein dalam ASI bisa mengganggu tidur anak.

Tak perlu diet saat menyusui

Membatasi makanan atau minuman tertentu saat Anda menjalani diet selama menyusui dapat menyebabkan bayi mudah rewel atau mengalami reaksi alergi. Jika bayi rewel atau mengalami ruam, diare, atau mengi segera setelah menyusui, konsultasikan segera dengan dokter anak.

Jika Anda menduga ada sesuatu dalam makanan Anda yang mungkin memengaruhi si kecil, hindari makanan atau minuman tersebut hingga satu minggu untuk melihat apakah itu membuat perbedaan dalam perilaku anak. Menghindari makanan tertentu, seperti bawang putih, bawang merah atau kubis, mungkin bisa membantu.

Ingat, tidak perlu melakukan diet khusus saat Anda menyusui. Cukup fokus membuat pilihan makanan yang sehat maka Anda dan si kecil akan menuai hasilnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jarang Diketahui, Ini 4 Fakta Sebenarnya Terkait Menyusui.

Selain terkait fakta menarik tentang menyusui, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.