Cara Mengakhiri Pertemanan dengan Tepat Agar Tak Muncul Rasa Sakit Hati
Ilustrasi teman (Patrick Buck-Unsplash).jpg

Bagikan:

SURABAYA - Menjalin pertemanan memang sangat menyenangkan. Sayangnya, kadang seorang teman menjadi sangat toxic hingga membuat kesehatan mental Anda terganggu. Tak perlu pusing memikirkannya, Anda bisa menghindari hal tersebut dengan mengakhiri pertemanan. Sayangnya, untuk melakukan hal tersebut harus hati-hati. Oleh karena itu ikuti beberapa cara mengakhiri pertemanan yang tepat agar tak membuat sakit hati.

Cara Mengakhiri Pertemanan

Tim VOI mencoba merangkumkan cara mengakhiri pertemanan, terutama pertemanan yang kurang sehat tanpa bantuan psikolog. melansir Very Well Mind, Rabu, 30 Maret, berikan tips dan trik cara mengakhiri persahabatan agar tak saling melukai.

1. Obrolkan dengan baik

Jika menghilang tidak juga membuat dia peka, maka cobalah komunikasi dengan sahabat. Katakan padanya apa yang Anda rasakan. Hindari menyebutkan semua hal buruk yang pernah dia lakukan dan fokuslah pada bagaimana cara Anda menyampaikan maksud Anda mengakhiri persahabatan.

2. Pilih waktu yang tepat 

Akan lebih baik untuk mencoba mencari waktu yang tepat untuk menghubungi mereka. Mungkin saja sahabat sedang ada di dalam waktu yang sulit. Jika Anda peka, seharusnya tidak menambah stres mereka dengan mengatakan kalau Anda ingin memutuskan jalinan persahabatan. Cek dulu sebelum mengirimi mereka pesan, ya.

3. Menghilang perlahan 

Tidak perlu pusing jika Anda sudah bertekad memutuskan persahabatan. Mengakhirinya secara alami terkadang jadi pilihan terbaik. Anda bisa berhenti mengirim pesan terlebih dahulu dan perhatikan apakah mereka menyadari sinyal yang sengaja Anda kirimkan. Biasanya, jika Anda berhenti mengirim pesan mendadak, sahabat akan menyadarinya dan perlahan menjauh.

4. Pastikan hanya kalian yang tahu

Tidak perlu memberitahu semua orang jika persahabatan telah berakhir. Sebab, hal itu hanya akan membuatnya terasa terlalu dramatis. Anda dan mantan sahabat hanyalah orang dewasa yang memutuskan untuk tidak lagi bersama dan tidak ada yang salah dari itu.

5. Kirim pesan

Jika mengirim pesan adalah cara yang Anda pilih untuk memutuskan hubungan dengan sahabat, pastikan untuk tetap berlaku sopan. Daripada terlalu fokus dengan alasan “putus”, akan lebih baik jika Anda mengingatkan sahabat tentang momen yang sempat dilalui bersama. Cobalah kirimkan email atau pesan di media sosial mereka dengan baik. Hindari kata-kata kejam atau perdebatan, hanya akhir yang pahit saja.

Artikel ini telah tayang dengan judul Agar Tak Saling Melukai, Begini Cara Sehat Mengakhiri Persahabatan.

Selain terkait cara mengakhiri pertemanan, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.