Manfaat Menangis: Psikolog Sebut Menyehatkan Mental
Ilustrasi manfaat Menangis (M./Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Mungkin Anda adalah salah satu orang yang mudah menangis. Tak perlu malu mengakuinya, karena menangis bukan tanda sebuah kelemahan. Menangis adalah respon tubuh saat menghadapi berbagai emosi seperti sedih, terharu, bahagia, atau perasaan lain yang berkaitan dengan kondisi psikologi Anda. Ada manfaat menangis yang kadang tak disadari oleh seseorang.

“Menangis itu hal yang positif dan sehat”, jelas Stephen Sideroff, Ph. D., psikolog klinis dari UCLA AS, melansir HighEnd, Rabu, 30 Maret.

Oleh karenanya, Anda tak perlu memendam perasanaan dan malu untuk menangis. Adapun manfaat menangis untuk kesehatan mental adalah sebagai berikut.

Membantu Meredakan Stres

Saat kondisi Anda sedang stres membuat pikiran seseorang menjadi rumit, sehingga muncul perasaan negatif dan mulai menangis. Menangis melepaskan emosi negatif yang selama ini dirasakan dan dipendam.

Mengembalikan Keseimbangan Emosi

Dengan mengeluarkan emosi melalui tangisan dapat membuat seseorang kembali stabil. Sistem saraf yang ada di tubuh akan memberikan efek tenang yang dirasakan beberapa menit kemudian setelah menangis, membuat pikiran Anda menjadi lebih jernih.

Memperbaiki Suasana Hati

Setelah Anda meluapkan semua emosi tersebut, suasana hati akan mulai membaik. Tetesan air mata mengandung sejumlah hormon stres dan zat kimia lainnya yang ketika dikeluarkan, maka perasaan negatif akan berkurang dan Anda menjadi lebih lega.

Mulai sekarang jangan malu untuk meluapkan emosi melalui tangisan, karena baik untuk kesehatan mental Anda.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tak Berarti Lemah, Menangis Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental.

Selain terkait manfaat menangis, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.