Mengenal Apa Itu Rosacea: Pemicu dan Cara Mengobatinya dengan Benar
Ilustrasi mengenal apa itu rosacea (Freepik)

Bagikan:

SURABAYA - Mungkin Anda adalah salah satu pengidap rosacea. Nyatanta, banyak orang yang mengeluhkan rosacea. Seseorang yang mengalami gangguan ini akan merasa kering, perih, dan memerah di kulit, sehingga mengganggu kecantikan dan penampilan Anda. Dr Saron Seukeran, direktur grup klinik perawatan kulit terkemuka di Inggris, menjelaskan apa itu rosacea.

Apa Itu Rosacea?

Menurut Dr Saron Seukeran, rosacea adalah kondisi di mana kulit mengalami peradangan. Biasanya terjadi di kulit wajah dan bisa dialami oleh semua orang dengan berbagai jenis kulit, dilansir Glamour UK, Rabu, 6 April.

Yang perlu dicermati adalah munculnya bintik-bintik seperti jerawat dan dibarengi dengan kulit kemerahan karena rosacea.

Gejala Rosacea

Ada empat gejala utama rosacea yang harus dikenali, yakni wajah memerah terus-menerus seringnya di sekitar hidung dan pipi, urat benang dan pembuluh darah terlihat jelas, bintik-bintik merah dapat berisi nanah, dan penebalan kulit yang juga bisa muncul sebagai benjolan.

Rosacea juga kerap salah didiagnosa, sebab dalam beberapa kasus seseorang dengan penyakit ini tidak mengalami bintik-bintik sehingga disalahartikan sebagai eksim atau dermatitis. Sayangnya, menurut dokter Seukeran, penyebab rosacea tidak diketahui secara pasti.

Pemicu Rosacea

Tetapi beberapa faktor bisa memicu rosacea semakin memburuk. Faktor tersebut antara lain minum alkohol, teh atau kopi, dan konsumsi makanan pedas.

Selain dipicu oleh makanan dan minuman, beberapa orang dengan rosacea sensitif terhadap matahari. Perubahan suhu yang ekstrim juga memengaruhi kulit jadi kering, kemerahan, perih, dan berbintik. Tetapi ada juga yang dengan terpapar matahari bisa mengurangi peradangan.

Cara Mengobat Rosacea

Jelas Seukeran, rosacea tidak ada obat yang pasti untuk menyembuhkan. Hanya ada sejumlah perawatan kulit yang efektif membantu meringankan gejalanya. Obatnya termasuk antibiotik dan obat topikal yang diresepkan oleh dokter. Obat dalam pemakaian sekitar 4-6 bulan, menurut Saeukeran bisa menurun efeknya atau menyebabkan remisi.

Maka untuk pengobatan dan caranya mengantisipasi supaya enggak sering kambuh, disarankan untuk konsultasi pada dokter kulit.

Pesan Seukeran, hindari apa yang bisa memicu rosacea kambuh. Artinya Anda dengan rosacea perlu mengevaluasi setiap penggunaan produk kulit, yang mana disarankan menggunakan skincare alami, lembut, dan tidak memakai fragrance atau pewangi.

Karena bisa menyebabkan komplikasi jika tidak segera diobati, maka menemui dokter kulit dan mendapatkan solusi sangan disarankan. Komplikasi yang dipicu rosacea tak terobati, disebut dengan rhinophyma. Gejalanya peradangan disekitar hidung dan iritasi sekitar mata.

Artikel ini telah tayang dengan judul Makan Pedas Bikin Rosacea Kambuh, Benarkah? Kenali Pemicunya dan Cara Mengobati.

Selain terkait apa itu rosacea, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.