Peringati Hari Bumi, Raymond Y Tungka Komitmen Tak Mau Buang Sampah Saat Naik Gunung
Raymond Y Tungka (Foto: ist)

Bagikan:

JAKARTA - Bertepatan dengan Hari Bumi Sedunia yang diperingati setiap tanggal 22 April 2022, Raymond Y Tungka menghadiri peluncuran Environment, Social and Governance (ESG) Report 2021 EIGER Adventure. Dalam acara tersebut, pria yang gemar petualangan ini berkomitmen tidak akan membuang sampah saat naik gunung.

Menurutnya, manusia harus lebih memperhatikan alam. Ia tak memungkiri bahwa sampah di gunung masih ada dan tentunya ini sangat memprihatinkan, terlebih di kondisi bumi yang semakin lama semakin rusak.

"Kalau dibilang masih ada sampah atau nggak saya nggak berani ngucap ya, jatuhnya opini. Tapi saya bisa bilang fakta masih banyak kegiatan bersih-bersih gunung, yang artinya belum bersih benar," kata Ramon Tungka.

Ramon menyatakan bahwa tidak ada salahnya untuk memulai dari nol berkontribusi menjaga alam demi masa depan yang lebih baik. "Tapi nggak ada salahnya dari kita untuk memulai dari nol, untuk merestorasi semuanya, merestorasi pemikiran, behaviour kita selama di gunung gitu. Memilih hidup di alam, memilih hidup sebagai pecinta alam, kegiatan luar haruslah tanggung jawab," kata Ramon.

Harapan Ramon itu sejalan dengan PT Eigerindo Multi Produk Industri, perusahaan yang menaungi brand penyedia perlengkapan kegiatan luar ruang asal Indonesia, EIGER Adventure. Perusahaan ini menyediakan peralatan yang ramah lingkungan.

“Kami resah, kekayaan dan keindahan alam yang saat ini kita nikmati, gunung-gunung yang saat ini kita daki, di masa depan tidak dapat lagi dinikmati oleh generasi yang akan datang. Padahal, sebagai brand yang terus mengajak masyarakat untuk melakukan eksplorasi, alam selalu menjadi inspirasi terbesar kami dalam mengembangkan produk dan kegiatan. Disitulah kami merasa memiliki tanggung jawab yang

besar atas kondisi alam dan lingkungan,” ujar Christian H. Sarsono, CEO PT Eigerindo Multi Produk Industri.

Ia menambahkan, kepedulian ini semakin tumbuh didorong dengan diskusi dan masukan dari berbagai pihak termasuk melalui survey kepada Eigerian (konsumen), masukan dari para penggiat senior, komunitas, dan konsultan terkait keberlanjutan.

Harimula Muharam selaku General Manager Product Research and Development EIGER Adventure sekaligus Sustainability Project Leader menjelaskan kepedulian EIGER terhadap lingkungan sudah dilakukan sejak beberapa tahun ke belakang, seperti program Gerakan Tanam Indonesia dan Adopsi Pohon yang rutin dilaksanakan sejak tahun 2012.

EIGER telah menyusun peta jalan untuk menjalankan inisiatif keberlanjutan secara holistik, termasuk melakukan perencanaan, pencatatan, dan pengukuran dalam merespon dampak operasional perusahaan dari bahan baku, pemasok hingga sampai ke konsumen dan

menjadi dampak bagi lingkungan dan masyarakat.

“ini laporan perdana kami sebagai salah satu bentuk transparansi kami kepada publik,” ujar Ir.R.A.Amalia Yunita, MM.Sust., EIGER Sustainability Program Advisor.