Punya Ketombe Basah yang Mengganggu, Ikuti Tips Berikut Untuk Menghilangkannya
Ilustrasi (Prostock-Photo/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mungkin rasa gatal, bisa juga butiran putih dari kulit kepalamu, ketombe dengan ragam bentuknya sudah jadi salah satu masalah rambut yang sudah dialami oleh tak sedikit orang. Namun, ketika ketombe bercampur dengan produksi sebum berlebihan di kulit kepala, ketombe basah menjadi masalah rambut yang benar-benar harus dicari solusinya.

Jika sampo hingga produk perawatan rambut yang menjanjikan rambut bebas ketombe belum bisa atasi masalah rambut satu ini, mungkin beberapa cara alami menghilangkan ketombe basah bisa jadi solusi yang perlu dicoba. Penasaran apa saja caranya? Berikut VOI rangkumkan dari HerWorld, Selasa, 17 Mei.

Gel lidah buaya

Banyak khasiat yang tersimpan dalam lidah buaya, memberi manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Tak hanya wajah, gel lidah buaya juga dikenal memiliki manfaat bagi rambut, termasuk mengatasi ketombe basah.

Dengan kandungan vitamin B, C, dan E sekaligus berbagai enzim yang bersifat membersihkan, gel lidah buaya bisa jadi solusi untuk mengangkat sel kulit mati, minyak menumpukkan, dan membersihkan folikel-folikel rambut yang jadi penyebab munculnya ketombe basah.

Anda cukup mengaplikasikan tiga hingga empat sendok makan gel lidah buaya ke seluruh kulit kepala. Lalu, rendam handuk ke air panas dan peras sebelum membungkus rambut dengan handuk tersebut. Diamkan selama 30 menit sebelum Anda membilasnya dengan mild shampoo. 

Biji kelabat

Biji-bijian satu ini agak jarang terdengar namanya. Tapi biji kelabat adalah solusi yang dicari. Banyak orang lebih mengenalnya dengan nama fenugreek, tanaman herbal yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit berat, lalu menurunkan berat badan, sekaligus memiliki manfaat bagi kesehatan.

Kandungan anti bakteri dan anti jamur di dalam biji satu ini bisa melawan berbagai infeksi yang memperparah kondisi ketombe basah pada rambut. Untuk rasakan manfaatnya pada rambut, biji kelabat ini bisa Anda rendam semalaman lalu dihancurkan hingga menjadi pasta halus.

Setelah halus, aplikasikan pada kulit kepala dan diamkan selama 30 menit sebelum dicuci dengan sampo ringan. Lakukan perawatan alami ini dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

Cuka apel

Cara alami untuk menghilangkan ketombe basah pada rambut juga bisa memanfaatkan apple cider vinegar alias cuka apel. Tak hanya dikenal untuk bantu jaga kesehatan kulit (dan membebaskannya dari jerawat), cuka apel juga bisa jadi obat penghilang ketombe basah.

Cuka apel yang asam bisa membantu seimbangkan kadar pH di kulit kepalamu sehingga sulit bagi jamur penyebab ketombe untuk tumbuh. Anda cukup mengisi separuh gelas dengan cuka apel lalu aplikasikan ke seluruh kulit kepala dan memijatnya perlahan. 

Diamkan selama 10 menit sebelum mencucinya dengan sampo ringan. Pastikan Anda menggunakan kondisioner untuk memastikan helaian rambutmu tetap halus. Tak perlu sering-sering, cukup melakukan perawatan ini satu minggu sekali.

Minyak kelapa

Kelapa menyimpan banyak manfaat pada setiap bagiannya, termasuk minyak yang diperas dari daging-daging buahnya. Tak hanya jadi pilihan bagi sebagian orang untuk menurunkan berat badannya dengan pola hidup lebih sehat, minyak kelapa juga jadi memiliki manfaat untuk hilangkan masalah pada rambut. Ketombe basah bukan pengecualian.

Minyak kelapa memiliki peran untuk meningkatkan kelembapan kulit kepala sehingga mengurangi produksi ketombe, baik basah maupun kering. Perawatannya pun cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Anda membutuhkan 1-2 sendok makan minyak kelapa untuk diaplikasikan ke seluruh kulit kepala secara merata.

Diamkan selama 30 hingga 60 menit sebelum membilasnya dengan sampo ringan. Pastikan Anda benar-benar membilasnya hingga bersihkan, Anda tak ingin selesai perawatan malah menghasilkan rambut yang berminyak bukan? Setelah setengah kering, perlahan sisir rambut dari akar hingga ujung rambut untuk memastikan tak ada ketombe yang tersisa.