Manfaat Memiliki Hubungan Pertemanan Sehat yang Berdampak Pada Umur hingga Kesehatan
Ilustrasi hubungan pertemanan sehat (Freepik)

Bagikan:

SURABAYA - Menjalin hubungan pertemanan memang sangat menyenangkan. Namun Anda harus hati-hati agar tak terjebak pada toxic relationship. Jika Anda mampu mendapatkan hubungan pertemanan sehat, manfaat positif akan dirasakan dalam jangka panjang.

Hubungan Pertemanan Sehat

Menurut Suzanne Degges-White, Ph.D., konselor berlisensi dan profesor di Northern Illinois University, menilai bahwa pertemanan yang sehat berkaitan dengan kesejahteraan fisik, umur panjang, dan kesehatan mental.

Manusia sebagai makhluk sosial, menyerap pertemanan yang sehat dalam aspek positif. Bahkan mendapatkan support system dari hubungan pertemanan dapat membantu kita mengatasi tantangan hidup. Disamping hal tersebut, berikut manfaat positif dari persahabatan sehat.

1. Lebih cinta dan menghargai diri sendiri

Sekelompok orang yang berteman dengan sehat, akan menghargai batasan dalam hubungan mereka. Meski membantu teman untuk memenuhi kebutuhan emosional, tetapi teman yang solid tidak melangkahi batasan. Bahkan Anda juga harus membuat pilihan yang tidak membahayakan diri sendiri. Dengan begitu, Anda akan lebih mencintai dan menghargai diri sendiri.

2. Banyak tertawa

Banyak studi membuktikan bahwa tertawa tidak hanya menyehatkan mental, tetapi juga fisik. Dengan memiliki teman yang menyenangkan diajak tertawa bersama, Anda akan mendapatkan manfaat positifnya.

3. Perhatian bersifat dua arah

Setiap orang memiliki kepribadian dan sifat yang beraneka ragam. Tentu keragaman tersebut membuat relasi pertemanan jadi lebih berwarna. Bahkan secuek apapun teman, tanpa sadar ia memiliki komitmen sehingga memberikan perhatian pada temannya yang lain. Nah, ini salah satu hal positif yang didapatkan dari pertemanan yang sehat.

4. Punya pendukung ketika menghadapi masa sulit

Sekuat-kuatnya manusia, tetap membutuhkan dukungan emosional ketika menghadapi masa sulit. Dilansir Psychology Today, Senin, 23 Mei, ketika Anda memiliki hubungan pertemanan yang sehat, Anda bisa mendapatkan dukungan emosional. Ikatan emosional dalam pertemanan, juga berkaitan dengan kedekatan dan komitmen.

5. Dapat masukan yang jujur dan terbuka

Orang manipulatif tentu tidak memberikan secara jujur dan terbuka karena berorientasi pada keuntungan pribadi. Apabila Anda memiliki teman yang memberikan pendapat secara jujur, terbuka, dan tidak menghakimi, maka pertahankan hubungan pertemanan yang sehat tersebut.

Itulah yang akan Anda dapatkan ketika memiliki hubungan pertemanan yang solid dan tanpa konflik. Untuk menjaga pertemanan yang sehat, Anda perlu menjaga komunikasi dengan teman-teman Anda. Jadikan mereka sebagai prioritas setelah menyelesaikan prioritas utama.