Bolehkan Tidur Bersama Hewan Peliharaan Anjing Atau Kucing? Begini Saran Spesialis Penyakit Dalam
Ilustrasi hewan peliharaan (Yaroslav Shuraev-Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Memiliki hewan peliharaan memang seperti kucing atau anjing memang sangat menyenangkan. Banyak orang yang memilih menghabiskan waktu dengan mereka. Bahkan beberapa orang sering tidur bersama hewan peliharaan. Hal itu yang kemudian diperdebatkan.

Beberapa pelatih anjing dan dokter hewan justru melarang para pemilik untuk tidur bersama hewan peliharaan, termasuk anjing dan kucing.

Tidur bersama Hewan Peliharaan

Berdasarkan survei di Amerika Serikat, ada 43 persen pemilik anjing dan 49 pemilik kucing tidur bareng hewan kesayangannya. Lalu, bagaimana saran dari ahli penyakit?

Spesialis penyakit dalam di NYU Langone Health di New York City, Mark Feirstein, MD. menyarankan agar pemilik tak tidur seranjang dengan peliharaan. Pasalnya, kucing aktif pada malam hari yang bahkan tanpa senngaja bisa membangunkan pemiliknya. Tetapi boleh tidur bersama anjing karena mendapatkan manfaat, yaitu kehangatan.

Manfaat Tidur Bersama Hewan Peliharaan

Selain itu, tidur bersama hewan peliharaan juga dapat mengatasi kesepian. Terang Feirstein, orang yang tidur bersama hewan peliharaan melaporkan peningkatan rasa aman, persahabatan, dan relaksasi. Jika tidur hangat bersama anjing kesayangan, detak jantung lebih stabil dan tidur lebih nyaman.

Feirstein menambahkan, bagi orang-orang yang mengalami PTSD (post-traumatic stress disorder) menurut The Sleep Foundation, bisa mengalami mimpi buruk. Dengan tidur bersama anabul tersayang, mereka merasa nyaman dan dibangunkan ketika bermimpi buruk.

Dampak Negatif

Pada beberapa kasus, tidur bareng hewan peliharaan yang berbulu bisa meningkatkan potensi mengalami alergi atau paparan penyakit lewat hewan peliharaan. Kadang juga membuat pemiliknya terbangun ketika anjing berperilaku agresif sehingga mengganggu kualitas tidur.

Tetapi sebenarnya perlu diidentifikasi berdasarkan kondisi masing-masing. Apabila Anda memiliki alergi dan sensitif terhadap bulu hewan, perlu menghindari tidur bersama binatang kesayangan. Tetapi apabila Anda dalam kondisi sehat, hewan peliharaan juga peril dipastikan selalu sehat agar dapat tidur satu ranjang.

Tips dari Ahli

Leslie Sinn, DVM., seorang spesialis perilaku veteriner di Virginia mengatakan, jika Anda pemilik hewan peliharaan baru, disarankan untuk membuat tempat tidur bagi hewan di luar kamar tidur Anda. ini untuk menjaga kesehatan dan keamanan Anda.

Apabila memilih untuk membiarkan anjing atau kucing di tempat tidur Anda, para ahli memberika beberapa tips.

Pertama, buat batasan dan pastikan anjing tahu di mana ia diizinkan dan di mana tidak. Beri akses dengan panggilan atau tanda dari Anda.

Kedua, jaga kebersihan hewan peliharaan untuk meminimalisir alergen yang menempel pada bulu-bulunya.

Ketiga, latih hewan peliharaan untuk menjaga ketertiban, terutama pada anjing. Serta tetapkan kawasan yang ia boleh akses dan tidak. Ketiga tips tersebut, perlu dilakukan secara rutin agar kucing atau anjing terbiasa dengan aturan yang ditetapkan.