Manfaat Bunga Krisan yang Sering Digunakan sebagai Bahan Obat Tradisional Zaman Dinasti Song
Ilustrasi bunga krisan (Kristina Paukshtite/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Bagi Anda yang hobi dengan tanaman hias tentu tak asing dengan bunga krisan. Tak hanya indah, manfaat bunga krisan tak terbatas pada keindahannya saja, namun khasiatnya untuk kesehatan.

Krisan mudah hidup dan mudah dijumpai. Tumbuhan tersebut berasal dari Asia Timur seribu tahun yang lalu di zaman Dinasti Song (tahun 960–1279), Tiongkok.

Manfaat Bunga Krisan

Dalam dunia pengobatan tradisional, bunga krisan kerap jadi bahan yang wajib ada pada pengobatan tradisional Tiongkok. Untuk mendapat manfaat dan khasiat krisan, bunga tersebut biasanya dikeringkan lalu diolah dulu jadi teh.

Berikut ini manfaat dari bunga krisan yang wajib untuk Anda ketahui.

1. Meredakan Flu dan Demam

Manfaat yang satu ini merupakan salah satu manfaat bunga krisan yang paling terkenal. Kandungan antibakteri, antiradang, dan tingginya antioksidan yang terdapat di dalam bunga krisan mampu membantu mengatasi flu, demam, sakit kepala, serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Meredakan Sakit Tenggorokan

Seperti yang telah disebutkan di atas, kandungan antibakteri dan antiradang yang terdapat bunga krisan memiliki banyak manfaat baik yang salah satunya mampu meredakan radang tenggorokan.

3. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Selain kandungan antibakteri dan antiradang, vitamin B, asam folat, kolin, niacin, dan riboflavin juga terdapat dalam setangkai bunga yang indah ini. Kandungan-kandungan tersebut baik untuk membantu meningkatkan metabolisme yang sehat di tubuh Anda.

4. Mengurangi Stres dan Menenangkan Pikiran

Untuk merasakan hasil dari manfaat bunga yang satu ini, Anda bisa menyeduh dan mengonsumsi teh bunga krisan. Bunga krisan memiliki efek relaksasi yang dapat membantu menenangkan pikiran Anda.

5. Baik untuk Kesehatan Kulit

Bunga krisan memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi serta efek antiradang dan berbagai nutrisi baik lainnya. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan dan merawat kulit dengan baik termasuk memudarkan flek hitam, paparan sinar matahari serta penuaan dini.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sering Digunakan dalam Pengobatan Tradisional, Ini Manfaat Bunga Krisan untuk Tubuh.

Selain terkait manfaat bunga krisan, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.