Ternyata, Ini Manfaat yang Bisa Kamu Rasakan Jika Rutin Masker Rambut dengan Air Beras
Ilustrasi (Erick Larregui/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Menggunakan air beras sebagai produk perawatan rambut sudah ada sejak berabad-abad lalu dalam budaya Asia. Dan tips perawatan rambut ini kembali jadi tren di media sosial TikTok, dengan tagar #ricewater. Tentu saja hal ini mengundang antusias orang-orang dengan ragam permasalahan rambut.

Jadi, bisakah bilasan air beras benar-benar mengatasi permasalahan rambut Anda? Banyak hairstylist mengatakan ‘ya’, tapi yuk disisir fakta dan fiksinya berdasarkan kacamata dokter kulit Shilpi Khetarpal, MD. Menyadur Health Cleveland Clinic, Selasa, 27 September.

Bagi Anda yang belum pernah membuat masker rambut dari air beras pasti bertanya-tanya bagaimana cara pembuatannya. Cukup mudah sebenarnya. Anda hanya perlu merendam beras di dalam air selama 30 menit hingga dua jam. Setelah itu, panaskan air beras selama 10 menit. Lalu diamkan air beras semalaman. Air rendaman beras tersebut lah yang kemudian bisa Anda gunakan untuk masker rambut.

Meski terlihat biasa saja, namun ramuan air beras memiliki segudang kandungan bermanfaat. Inositol, misalnya. Antioksidan ini disebut-sebut ampuh dalam meremajakan rambut. Selain itu, air beras juga mengandung vitamin B, vitamin E, serat, magnesium, manganese, serta zinc.

Menurut Dr. Khetarpal, penggunaan masker rambut dari air beras bisa membuat rambut tumbuh panjang dengan cepat. Selain itu, rambut juga jadi lebih berkilau dan kuat, serta meminimalisir rambut kusut. Sedangkan menurut budaya, nilai jual terbesar dari masker air beras adalah pertumbuhan rambut. Legenda mengatakan bahwa air beras membantu wanita istana kekaisaran selama periode Heian Jepang menumbuhkan rambut sepanjang lantai. Wanita berambut panjang lantas disebut Kurokami.

Dan sekarang ini di China, air beras menjadi kunci utama yang membuat kota Huangluo mendapat predikat sebagai “Desa Berambut Terpanjang di Dunia” dari Guinness Book of World Records.

Selain mudah didapat, ada alasan lain yang membuat Anda tak perlu khawatir menggunakan air beras pada rambut Anda.

“Tidak ada bahan kimia atau aditif berbahaya di dalamnya, sehingga benar-benar membatasi risiko kerusakan rambut,” kata Dr. Khetarpal.

Namun, jika Anda mengalami peradangan kulit kepala, Dr. Khetarpal memperingatkan agar tidak menggunakan air beras untuk menghindari iritasi tambahan.

Bagaimana, apa Anda tertarik menggunakan masker rambut dari air beras? Sebelum mencoba, pastikan bahwa kulit kepala Anda cukup aman menggunakan masker rambut berbahan dasar alami ini, ya.

Terkait