Agar Tidak Cepat Rusak, Hindari Lakukan 6 Kesalahan Menyimpan Daging Ayam Berikut Ini
Ilustrasi (Tawfiqu Barbhui/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Daging ayam menjadi makanan favorit banyak orang. Alasannya sederhana, karena daging ayam dapat diolah menjadi ragam masakan lezat. Selain itu, harga daging ayam pun tidak begitu mahal jika dibandingkan dengan daging sapi.

Akan tetapi, karena dapat mengandung beberapa jenis bakteri seperti Salmonella dan E. coli, menyimpan daging ayam dengan tidak benar dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan. Melansir Southern Living, Jumat, 30 September, untuk membantu menghindarinya dan menjaga daging ayam dalam kondisi terbaik, sekelompok ahli keamanan pangan menjelaskan 6 hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat menyimpan daging ayam.

Membiarkan ayam mentah terlalu lama di suhu ruangan

Untuk menghentikan ayam dari pembentukan bakteri berbahaya, sangat penting menyimpan daging mentah pada suhu dingin sekitar 4 derajat celcius atau di bawahnya. Membiarkan ayam mentah pada suhu ruangan dapat menimbulkan bakteri berkembang biak pada daging. Untuk itu, saat perjalanan pulang dari tempat membeli daging ke rumah usahakan letak daging ke dalam tas atau kotak pendingin.

Menyimpan daging ayam mentah dekat makanan siap saji di kulkas

Meletakkan daging ayam di dalam kulkas tidak boleh sembarangan. Kimberly Baker, Ph.D, direktur Tim Program Sistem dan Keamanan Makanan Ekstensi Universitas Clemson menyarankan untuk tidak menyimpan daging ayam dekat makanan mentah atau makanan siap saji lain dalam kulkas.Hal ini untuk mencegah air yang pada ayam merembes ke makanan lain. Sehingga tidak mentransfer patogen.

Jika makanan yang terkontaminasi tidak ditangani dengan baik dan dimasak di bawah suhu 73 derajat celcius, maka orang yang mengonsumsi makanan itu bisa sakit. Pencegahannya, Anda bisa membungkus ayam dengan rapat dalam plastik. Kemudian letakkan di rak bawah lemari es Anda untuk mencegah tetesan dan kontaminasi.

Terlalu lama mengolah daging ayam

Seperti banyak protein lainnya, ayam mentah mudah rusak. Jadi sebaiknya hindari membiarkannya terlalu lama di kulkas sebelum dimasak. Lisa Yakas, ahli mikrobiologi dan manajer perhitungan senior di NSF Internasional menyatakan bahwa daging ayam mentah harus segera dimasak tidak lebih dari dua hari.

“Penting untuk mengolah daging ayam segar dalam waktu satu hingga dua hari setelah disimpan dalam kulkas bersuhu 4 derajat celcius atau dibawahnya. Menyimpan ayam terlalu lama bisa menyebabkan daging merusak atau tidak aman untuk dimakan. Jika ingin dikonsumsi lebih lama, letakkan ayam dalam freezer. Daging bisa bertahan hingga 9 bulan,” terang Yakas.

Membekukan daging ayam mentah dalam jumlah banyak

Membekukan daging ayam dalam freezer memang hal tepat. Namun, meletakkan daging ayam dalam jumlah banyak di satu wadah bisa menyulitkan Anda. Saat ingin mengambil beberapa potong saja untuk diolah nantinya. Mau tak mau, Anda perlu mengeluarkan semua potongan ayam untuk dicairkan. Sedangkan butuhnya hanya beberapa potong.

Instruktur koki dari The Institute of Culinary Education, Christopher Arturo menyarankan untuk membekukan ayam dalam beberapa wadah kecil. Sehingga Anda hanya dapat mengeluarkan apa yang dibutuhkan. Selain itu, semakin kecil dan rata ayam yang dibungkus, semakin cepat juga proses pembekuannya.

Meninggalkan ayam yang sudah dimasak di atas meja terlalu lama

Sisa ayam yang dimasak juga rentan terhadap perkembangbiakan bakteri. Jadi, jangan letakkan ayam yang sudah matang di atas meja terlalu lama sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. 

Saat diletakkan di atas meja, suhu ruangan menjadi kondisi sempurna bagi pertumbuhan bakteri. Untuk itu, setelah selesai konsumsi wajib untuk segera taruh kembali daging ayam ke dalam kulkas. Ayam yang sudah dikonsumsi hanya boleh diletakkan dalam suhu ruangan selama maksimal dua jam.

Menyimpan ayam yang sudah dimasak terlalu lama di kulkas

Sama seperti ayam mentah yang tidak boleh disimpan di lemari es selama lebih dari beberapa hari, alangkah baiknya Anda juga membatasi jumlah waktu menaruh sisa ayam matang di kulkas untuk dikonsumsi kembali.

"Saat Anda memindahkan sisa makanan ke dalam kulkas, longkarkan penutup selama beberapa jam pertama agar udara dingin dapat mendinginkannya dengan cepat. Kemudian tutup rapat," kata Chris Boyles, Wakil Presiden Keamanan Pangan untuk Steritech. 

"Ayam sisa yang didinginkan harus dikonsumsi atau dibuang dalam tiga hingga empat hari. Jika tidak, Anda dapat membekukannya dalam wadah kedap udara dan menyimpannya selama tiga hingga empat bulan," terang Boyles.

Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengindari kesalahan menyimpan daging ayam.