Kemenhan Bersedia Izinkan BTS Tampil Kala Wajib Militer
BTS (Twitter @bts_bighit)

Bagikan:

JAKARTA - BTS akan menjalankan wajib militer dimulai dengan Jin dalam waktu dekat. Kabar ini berseberangan dengan pihak Kementerian yang sedang berdiskusi mengenai penangguhan grup K-pop.

Hari ini, Selasa, 18 Oktober, Moon Hong Sik selaku perwakilan Kementerian Pertahanan Korea Selatan memberi pernyataan. Mereka akan mengizinkan BTS untuk tampil meskipun sedang melaksanakan wajib militer.

“Posisi kami adalah kami akan memberi kesempatan jika mereka ingin tampil ketika ada event berskala nasional untuk publik atau sebuah acara yang dirancang untuk kepentingan nasional,” kata Moon Hong Sik melansir The Korea Times.

Pada umumnya, ketika seseorang menjalani wajib militer, mereka tidak diperbolehkan beraktvitas di luar militer. Idol K-pop yang melakukan wamil tidak diizinkan berpromosi sebagai artis karena mereka bertugas untuk negara.

Mereka juga tidak diperbolehkan mengadakan konser atau tampil promosi bukan sebagai anggota militer. Namun berbeda dengan BTS yang mendapat izin untuk tampil di tengah masa wamil.

Pernyataan ini dirilis sehari setelah Big Hit Music mengumumkan tujuh anggota BTS bersedia memenuhi kewajiban untuk wamil. Jin sebagai member tertua dipastikan berangkat pada tahun ini.

Agensi menyebut rencananya Jin BTS akan berangkat setelah merampungkan promosi lagu dan album solonya. Sementara anggota lain akan memutuskan wajib militer sesuai rencana individu mereka.

“Anggota Jin akan memulai prosedur jadwalnya setelah album solonya rampung pada akhir Oktober. Kemudian dia akan melanjutkan prosedur wajib militer sesuai aturan pemerintah Korea,” kata Big Hit Music.

BTS berencana akan tampil secara lengkap pada tahun 2025. Hal ini menandakan kemungkinan tiga anggota termuda: Jimin, V, dan Jungkook akan berangkat wajib militer lebih awal dari ketentuan.

Di sisi lain, pernyataan Kemenhan Korsel membuat penggemar BTS kesal. Mereka menyangka pemerintah mengeksploitas idola mereka dengan aturan ini.

“Kalian bercanda! Kalian menggunakan BTS. Tinggalkan mereka dan biarkan mereka melakukan apa yang mereka inginkan,” tulis salah satu ARMY.

“Karena BTS memilih wajib militer, Kementerian Pertahanan dan militer Korea Selatan mendorong mereka untuk melanjutkan aktvitas sembari training karena mereka ingin mengambil keuntungan,” tambah yang lain.

“Tinggalkan BTS. Mereka adalah manusia, bukan robot kalian!” seru penggemar.