Biar Enggak Mudah Menyerah, Ikuti 5 Trik Ini saat Menghadapi Masalah
Ilustrasi trik enggak mudah menyerah saat menghadapi masalah (Freepik/senivpetro)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Masalah yang menumpuk atau mengalami kejadian buruk, kerap memicu kondisi emosional yang membuat tidak tenang. Malah tak jarang bikin mudah marah, sedih, merasa bersalah, hingga merasa malu. Perasaan ini penting untuk diterima, tetapi masalah tetap harus diselesaikan. Nah, untuk menengahi kondisi emosional dan kejadian buruk yang dialami, maka berikut ini trik agar tidak mudah menyerah saat menghadapi masalah.

1. Perlakukan diri sendiri dengan baik

Ran D. Anbar, MD. FAAP., dilansir Psychology Today, Rabu, 9 November, mencontohkan saat kita berada di pesawat. Saat ‘terbang’ kita harus membantu diri sendiri terlebih dahulu sebelum membantu orang lain. Demikian pula ketika Anda menghadapi peristiwa tak menguntungkan. Perlakukan diri sendiri dengan baik, ini akan membantu kita berpikiran lebih baik alih-alih berpikiran negatif.

Kebaikan diri harus dipraktikkan secara berkelanjuta. Terlepas mengalami atau tidak mengalami masalah. Saran Anbar, cobalah latihan napas untuk membantu relaksasi. Bisa dengan makan camilan favorit keluarga, berolahraga, tidur cukup, dan menghabiskan waktu bersama orang-orang yang dicintai untuk meningkatkan semangat Anda.

trik enggak mudah menyerah saat menghadapi masalah
Ilustrasi trik enggak mudah menyerah saat menghadapi masalah (Freepik/ cookies_studio)

2. Membangun perspektif positif

Memikirkan peristiwa buruk dan masalah terus-menerus memicu seseorang untuk bereaksi buruk. Membangun perspektif, bisa dilakukan dengan mulai bertanya pada diri sendiri mana yang perlu dipikirkan dan tidak. Ini bisa membantu Anda menghemat energi dan tidak kehilangan fokus.

Hal yang bisa memotivasi Anda membangun perspektif positif, adalah dengan belajar dari pengalaman. Kesalahan hanyalah kesalahan jika Anda gagal belajar darinya. Artinya kalau memiliki keinginan bertumbuh, maka perlu belajar memperbaiki kesalahan.

3. Masalah pasti akan berlalu

Setiap masalah pasti akan berlalu, tapi selesai atau tidak, terganting bagaimana bereaksi terhadap masalah tersebut. Apabila Anda bereaksi secara positif, maka masalah akan selesai dengan baik. Berbeda jika menghindari masalah, karena akan menumpuk dan akan semakin memberatkan.

4. Tetap berpikiran positif

Dalam kebanyakan persoalan selalu ada aspek positifnya. Artinya berfokus pada aspek negatif, tidak menjamin masalah akan selesai. Kata Anbar, bahkan kematiak dapat memiliki aspek yang baik. Maksudnya kita perlu fokus terhadap kehidupan sehingga dapat memberikan semangat untuk tidak menyerah.

5. Menerima tantangan

Kunci dari mengatasi masalah adalah dengan menerima tantangan. Menghindari kesulitan, hanya akan menunda Anda memprosesnya. Dalam menerima tantangan, Anda memiliki kepercayaan diri dan tetap jujur pada diri sendiri. Jika Anda membutuhkan dukungan agar lebih yakin pada diri sendiri, cobalah berbicara dengan teman tentang apa yang perlu Anda lewati. Mereka mungkin akan membantu dan menguatkan kepercayaan diri Anda.

Itulah kelima cara yang membantu Anda tak mudah menyerah ketika menghadapi masalah. Tambahan dari Anbar, gunakan ­self-talk positif untuk mengidentifikasi jalan baru dalam menyelesaikan masalah yang dialami.