7 Trik Sederhana Membuat Hidup Lebih Bahagia
Ilustrasi (Gary Barnes/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bahagia merupakan suatu perasaan yang didambakan setiap orang dalam hidupnya. Sebab, jika Anda bisa menjalani hidup dengan bahagia, pasti kehidupan pun akan menyenangkan dan lebih bermakna. Namun, bagaimana cara membuat hidup lebih bahagia? Ternyata, tidak terlalu sulit dan cukup sederhana. Anda hanya perlu mencoba beberapa tips berikut agar hidup lebih bahagia, melansir Inspiring Tips, Selasa, 15 November.

Menghargai hal-hal kecil

Sebagian orang merasa sulit hidup bahagia karena terlalu fokus mengejar pencapaian-pencapaian besar. Memiliki mimpi dan ambisi memang bagus. Namun, coba hargai hal-hal kecil yang Anda punya saat ini. Sesederhana mensyukuri anggota tubuh yang lengkap maupun udara gratis untuk bernafas. Pola pikir ini tidak hanya membantu Anda menghargai apa yang dimiliki, tapi juga membuat kebahagiaan hidup lebih mudah didapat.

Jangan terlalu sering membandingkan

Jika terlalu banyak membandingkan diri dengan orang lain, terutama dengan orang yang lebih di atas Anda, Anda pasti akan kecewa pada diri sendiri bahkan bisa depresi. Berfokuslah pada diri sendiri. Berbanggalah atas pencapaian yang telah dilakukan untuk diri sendiri meski hanya sedikit. Sebab perlahan, Anda juga akan meraih kesuksesan yang diinginkan. 

Perbanyak senyum dan tawa

Cara paling sederhana yang bisa Anda pilih untuk bahagia adalah dengan lebih banyak tersenyum dan tertawa. Berikan senyuman pada orang yang Anda kenal dan tertawalah atas lelucon-lelucon sederhana. Siapa tahu, senyum dan tawa tersebut tidak hanya membuat Anda namun orang lain juga turut berbahagia.

Jalani gaya hidup sehat

Membuat hidup lebih bahagia akan sulit jika Anda memiliki gangguan penyakit fisik, sosial, dan emosional. Jadi, kerahkan upaya dalam menjaga kehidupan Anda sesehat mungkin. Makan makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, jaga hubungan baik dengan sesama, dan lakukan apa yang jadi hobi Anda. Ingatlah bahwa hidup yang sehat adalah hidup yang bahagia.

Jauhi orang toksik

Lingkungan sosial sangat memengaruhi jenis kehidupan yang ingin dimiliki. Jika Anda dikelilingi orang-orang toksik yang hanya melihat kekurangan dan terus merendahkan Anda. Maka kemungkinan besar kehidupan Anda tak akan jauh dari kesedihan dan sisi negatif.

Jika Anda benar-benar ingin memiliki hidup yang bahagia, hilangkan orang-orang ini dari hidup Anda. Lagi pula, lebih baik memiliki satu atau dua teman yang membangkitkan semangat daripada seratus teman yang beracun.

Jangan takut dengan hal baru

Jika ingin hidup lebih bahagia, cobalah keluar dari zona nyaman. Berusaha membuka diri untuk hal-hal yang baru dan berbeda. Misalnya, bertemu orang baru, makan di restoran berbeda, melamar pekerjaan baru, atau mempelajari hal-hal baru. Membiarkan diri mencicip petualangan baru dapat membantu Anda menemukan hal-hal baik lainnya yang ditawarkan dunia. Sehingga membuat Anda lebih bahagia dalam menjalani prosesnya.

Beri diri sendiri lebih banyak cinta

Jika Anda memilih untuk menjalani kehidupan yang lebih bahagia, maka Anda juga harus memilih untuk mencintai diri sendiri. Tidak peduli seberapa banyak peningkatan yang Anda lakukan, seberapa positif lingkaran sosial Anda, atau seberapa banyak Anda membantu orang lain, Anda tidak akan pernah benar-benar bahagia jika Anda tidak memberi cukup cinta untuk diri sendiri. Hargai diri sendiri, berikan penghargaan yang layak, dan jangan biarkan orang lain merusak nilainya. Jika berhasil melakukannya, Anda hanya akan merasakan kebahagiaan sejati yang tak ternilai. 

Kebahagiaan adalah pilihan yang seringkali sulit untuk dipilih. Mudah-mudahan, cara-cara sederhana ini akan membuat prosesnya mudah bagi Anda dan membantu Anda menjalani kehidupan yang bahagia.