7 Manfaat Baik Rutin Jalan Kaki di Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (Barbara Olsen/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Hal yang mudah dilakukan seperti jalan kaki setiap pagi ternyata memiliki banyak manfaat. Walaupun terlihat seperti hal yang ringan, jalan kaki pagi hari dapat memperbaiki kesehatan fisik maupun mental.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jalan kaki pagi hari melansir Webmd, Senin, 28 November.

Meningkatkan fungsi imun tubuh

Berjalan kaki setiap hari di pagi hari dapat mengurangi risiko terkena pilek atau flu. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berjalan setidaknya 20 menit sehari, 5 hari seminggu, memiliki hari sakit 43 persen lebih sedikit. Dan jika Anda sakit, Anda cenderung memiliki gejala yang lebih ringan.

Sirkulasi darah lebih baik

Saat berjalan, detak jantung meningkat dan tekanan darah menurun. Jika fungsi jantung baik, maka sirkulasi darah dalam tubuh pun berfungsi dengan sempurna. Anda juga dapat mengurangi risiko stroke dengan berjalan sejauh 2 mil sehari.

Menyehatkan sendi

Sendi Anda menyatu saat sedang berjalan. Gerakan dan kompresi ini membukanya untuk mendapatkan cairan sendi. Sehingga memungkinkan lebih banyak oksigen dan nutrisi masuk ke persendian Anda, yang membantu persendian bekerja lebih baik.

Memperkuat otot

Jalan kaki di pagi hari dapat membantu mengencangkan otot kaki dan perut. Otot yang lebih kuat memberi Anda rentang gerak yang lebih luas dan meningkatkan kekuatan dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Tekanan bergerak juga bergeser dari persendian ke otot Anda.

Menjernihkan pikiran

Jalan kaki telah terbukti membantu otak berfungsi lebih baik. Orang-orang dari beberapa kalangan usia memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik saat berjalan. Beberapa orang suka berjalan-jalan ketika sedang memikirkan sesuatu atau mencoba memecahkan masalah.

Meningkatkan kesehatan mental

Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan kaki secara teratur dapat meningkatkan suasana hati. Mereka juga menemukan bahwa berjalan kaki dapat mengurangi gejala depresi ringan hingga sedang.

Mengurangi risiko alzheimer

Sebuah penelitian terhadap pria berusia 71 hingga 93 tahun menemukan bahwa berjalan lebih dari seperempat mil setiap hari memiliki manfaat yakni mengurangi risiko demensia dan penyakit alzheimer. Meski dilakukan dalam waktu singkat namun jika konsisten, dapat memberikan efek besar bagi pikiran dan tubuh Anda.