Ketahui 6 Jenis Kutil Berbahaya yang Menimbulkan Rasa Sakit
Ilustrasi kutil (jgarma /Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jenis kutil berbahaya perlu diketahui karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan risiko penyakit tertentu.

Dikutip VOI dari Medical News Today, Sabtu, 10 Desember 2022, kutil adalah pertumbuhan kulit non-kanker yang dapat muncul di banyak bagian tubuh, seperti are leher, mulut, dan kaki.

Secara umum, kutil memang tidak berbahaya, akan tetapi beberapa jenis kutil dapat menyebabkan rasa sakit dan rasa malu.

Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), kutil biasanya kasar dan berwarna kulit, meski bisa juga gelap, halus, dan rata.

Kendati memunculkan rasa gatal, nyeri, kencang, atau menimbulkan rasa tertekan, kutil biasanya tidak menimbulkan gejala lain. Infeksi human papillomavirus (HPV) menjadi penyebab kutil di kulit yang utama.

Jenis Kutil Berbahaya

Ada 6 jenis kutil berbahaya yang harus segera diatasi supaya tidak menimbulkan rasa sakit dan terkena risiko penyakit tertentu.

Masih dari Medical News Today, berikut jenis kutil berbahaya yang wajib diwaspadai:

1. kutil Biasa

Menurut AAD, kutil biasa kerap berkembang di jari tangan, kuku, jari kaki, atau punggung tangan. Terkadang, kutil umum berkembang di lutut.

Secara umum, pertumbuhan kutil biasanya terjadi di area kulit yang rusak, seperti di sekitar kuku yang digigit atau di mana seseorang menarik kuku.

Kutil biasa memiliki tekstur yang kasar dan dapat bervariasi dalam ukuran dari kepala peniti hingga ukuran kacang. Beberapa kutil biasa berisi titik-titik hitam kecil seperti biji.

2. Kutil Plantar

Kutil plantar biasanya tumbuh pada kaki atau pergelangan kaki. Dokter sering menyebut kutil plantar yang tumbuh di telapak kaki dan jari kaki sebagai veruka.

Bentuk kutil plantar menyerupai kulit tebal dan kapalan, seringkali dengan titik-titik hitam di permukaannya.

Karena kutil plantar cenderung berkembang di telapak kaki, seringkali berbentuk datar, dan seseorang dapat mendorongnya ke dalam saat berjalan. Pertumbuhan ke dalam ini dapat menyebabkan rasa sakit.

3. Kutil Datar

Kutil datar (flat wart) biasanya muncul di bagian kulit punggung tangan, wajah, leher, dan kaki. Ciri kutil datar antara lain:

  • Bertekstur halus
  • Berwarna merah muda, cokelat muda, atau kuning
  • Bagian atas benjolan rata
  • Muncul berkelompok atau banyak

4. Kutil Filiformis

Menurut AAD, kutil filiformis memiliki bentuk panjang dan runcing dan sering muncul di sekitar mata, hidung, dan mulut. Kutil filiform tumbuh dengan cepat.

5. Kutil Periungual

Kutil periungual lebih sering tumbuh di sekitar jari tangan dan kaki, biasanya menyebar di bawah kuku.

Dalam sebuah artikel yang terbit di Photodiagnosis and Photodynamic Therapy, lokasi kutil periungual dapat membuat seseorang sulit untuk diobati.

6. Kutil Genital

Kutil genital atau kutil kelamin termasuk salah satu bentuk Infeksi Menular Seksual (IMS).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika  Serikat (Centers for Disease Control/CDC) menyatakan bahwa kutil kelamin biasanya tidak menimbulkan gejala tambahan. Akan tetapi, tergantung pada ukuran dan lokasinya, bisa menyebabkan rasa sakit atau gatal.

Kutil kelamin umumnya bewarna merah muda hingga coklat tua. Sebuah artikel tahun 2015 mencatat bahwa kutil kelamin bisa tumbuh di lokasi berikut ini:

  • Vagina
  • Vulva
  • Serviks
  • Uretra
  • Penis
  • Skrotum (kantung kulit yang tergantung di belakang penis tempat testis berada)
  • Anus

Kutil yang disebabkan oleh jenis HPV yang sama juga bisa muncul di bibir atau di dalam mulut. Kutil ini disebut kutil mukosa.

Infeksi HPV yang menyebabkan kutil kelamin juga dapat mengakibatkan jenis kanker tertentu. Oleh sebab itu, penderita kutil kelamin harus segera menemui dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Demikian informasi tentang jenis kutil berbahaya. Semoga bermanfaat!