Bisa Berujung Perpisahan, Kenali 5 Tanda Cinta dalam Hubungan Semakin Memudar
Ilustrasi tanda cinta memudar (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cinta dapat didefinisikan dengan banyak hal, khususnya dalam konteks hubungan asmara. Seperti tingkat penghargaan, juga salah satu aspek dari perasaan cinta. Apabila tingkat penghargaan rendah, hubungan asmara cenderung rentan berpisah. Penelitian membuktikan, tanda terkuat bahwa hubungan cinta dilihat dari bagaimana pasangan Anda membuat Anda merasakan cinta darinya.

Dengan kata lain, jika seseorang merasa terpisah secara emosional dengan pasangannya, mungkin menjadi tanda perlu adanya perbaikan. Melansir Psychology Today, Wendy L. Patrick, J.D., Ph.D. memaparkan tanda cinta mulai memudar dan memerlukan perbaikan.

1. Berjarak secara emosional

Kedekatan emosional, kadang tak terjelaskan secara definitif. Tetapi bisa dirasakan bagaimana Anda dan pasangan saling memberi respons. Meskipun pasangan sering menelepon atau memberi kabar, tidak selalu dilakukan dengan perasaan yang utuh. Kadang dilakukan secara mekanis atau memiliki rencana untuk diri sendiri tanpa melibatkan pasangannya. Ini merupakan tanda pertama kalau cinta perlu dihangatkan kembali.

tanda cinta memudar
Ilustrasi tanda cinta memudar (Freepik)

2. Keintiman berkurang

Penelitian tahun 2021 menyelidiki hubungan antara kurangnya keintiman dan kemungkinan putusnya hubungan. Peneliti menemukan bahwa pasangan yang merasakan tingkat penghargaan lebih rendah dalam hubungan mereka, cenderung memilih berpisah. Efek ini terjadi secara signifikan, bahkan dialami pasangan yang saling berkomitmen atau terikat.

Peneliti menjelaskan, penghargaan berkaitan dengan koneksi, cinta, dan pengungkapan diri. Bahkan penghargaan juga memvalidasi pentingnya keintiman dalam hubungan romantis. Artinya kalau tak ada penghargaan, maka tak setiap orang yang berpasangan juga tak merasakan dukungan.

3. Batas semakin tegas

Selanjutnya, tanda kalau cinta sudah menipis dikenali ketika pasangan mulai membangun tembok. Bukan jembatan yang bisa menyatukan, tembok bisa menjadi batas sehingga setiap orang yang berpasangan terpisan secara fisik dan emosional.

4. Tidak memberikan perhatian

Jika pasangan Anda mulai kehilangan minat pada keintiman dan romansa, Anda perlu mencari tahu alasannya. Mungkin karena perubahan signifikan dalam hidup, seperti kehilangan pekerjaan atau kehilangan orang yang dicintai. Tetapi bisa juga menjadi tanda bahwa hubungan menjadi goyah.

5. Sering menyendiri

Kalau pasangan tertarik bertemu orang baru dan menghadiri acara sendirian, mungkin menunjukkan preferensi untuk menjalani hidup sendiri. Tetapi sebagai pasangan, Anda perlu berdiskusi empat mata untuk mendapatkan solusi. Jika solusi terbaik dari tanda cinta memudar yang dipaparkan di atas adalah berpisahan, pesan Patrick, Anda dapat melangkah untuk menjadi lebih kuat dan lebih bijaksana.