5 Alasan Mengapa Mencintai Diri Sendiri Itu Penting
Ilustrasi (Oleksandr Pidvalnyi/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika orang tidak bahagia dengan dirinya sendiri, merendahkan diri di depan orang lain, dan merasa bahwa mereka tidak layak untuk apa pun, maka tumbuh perasaan putus asa dalam diri mereka. Tak hanya itu, cepat atau lambat mungkin menyebabkan kehilangan motivasi, frustrasi dan menurunnya kepercayaan diri. Untuk mencegah hal itu terjadi, simak lima alasan mengapa mencintai diri sendiri itu penting dan bagaimana melakukannya seperti dikutip dari PsychCentral, Selasa, 27 Desember.

Hubungan yang lebih baik dengan orang lain

Cara Anda memandang dan memperlakukan diri sendiri akan memengaruhi cara Anda berhubungan dengan orang lain. Orang yang mencintai dan peduli pada diri sendiri akan berperilaku yang sama terhadap teman dan keluarganya.

Mereka yang memiliki kelembutan pada diri sendiri akan mudah menunjukkan belas kasihan kepada orang lain. Tahu bagaimana Anda mau diperlakukan membuat Anda cenderung mudah terbebas dari jeratan hubungan toksik.

Meningkatkan kesehatan mental

Penelitian menunjukkan bahwa hubungan positif dengan diri sendiri terkait dengan kesehatan mental yang lebih kuat. Misalnya, peneliti yang mempelajari siswa berusia 15 hingga 21 tahun menemukan bahwa harga diri yang tinggi mempengaruhi kesehatan mental yang kuat.

Studi lain pada mahasiswa menemukan hasil yang serupa. Peserta yang mengalami kecemasan, depresi, atau mudah emosi mampu meningkatkan kesehatan mental mereka dengan berfokus pada pengembangan harga diri dan kepercayaan diri.

Lebih produktif

Menyukai dan menerima diri sendiri juga dapat berdampak positif pada tingkat produktivitas. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa siswa dengan harga diri yang kuat memiliki prestasi akademik yang lebih baik.

Emosi positif dapat meningkatkan energi Anda. Selain itu, mengidentifikasi melalui kesadaran diri apa yang Anda kuasai dapat membantu mengembangkan proses yang efektif untuk menyelesaikan sesuatu.

Pemecahan masalah yang lebih baik

Terkadang, ancaman atau masalah mungkin terasa berlebihan karena Anda dalam hati tidak meyakini kalau Anda dapat menanganinya. Jika Anda tidak memahami kekuatan atau tidak mempercayai diri sendiri untuk melakukan hal-hal sulit, Anda cenderung panik saat masalah muncul.

Ketika memiliki hubungan yang sehat dengan diri sendiri, Anda akan lebih mungkin mengetahui seberapa mampu Anda dan memahami bagaimana menjaga diri sendiri selama masa-masa sulit. Anda mungkin mengembangkan perasaan bahwa Anda dapat menangani rintangan dan tantangan.