Biar Makin Sehat, Ini Hal Wajib dan yang Dilarang saat Merawat Rambut
Ilustrasi (Maryia Plashchynskaya/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai mahkota, rambut menjadi salah satu bagian dari tubuh manusia yang menjadi perhatian banyak orang. Sayangnya, kesibukan sehari-hari terkadang membuat seseroang lalai merawat rambut. Jika rambut tidak dirawat dengan benar, maka rambut bisa rusak dan rontok yang akhirnya berujung dengan kebotakan. 

Padahal sejatinya bukanlah suatu hal yang sulit untuk melakukan perawatan rambut agar tetap sehat. Yang paling penting adalah memilih produk dan tahu cara  perawatan rambut yang tepat. Dilansir dari Times of India, Jumat, 13 Januari, berikut hal wajib dan yang dilarang dalam perawatan rambut. 

Keramas secara rutin

Keramas teratur dapat menjaga kulit kepala dan rambut tetap bersih dan bebas minyak. Jika Anda memiliki rambut kering, pastikan keramas dua kali seminggu. Sedangkan pemilik rambut dan kulit kepala berminyak, keramas setiap hari dapat membantu menghilangkan minyak yang menempel. 

Pilih sampo lembut dan alami yang sesuai dengan jenis rambut karena rambut akan lebih sehat jika sampo mengandung lebih sedikit bahan pengawet. Selanjutnya, carilah produk yang dapat meningkatkan kesehatan rambut, menghilangkan residu, dan mengoksigenasi kulit kepala.

Aplikasikan kondisioner pada rambut setiap keramas

Mengaplikasikan kondisioner rambut adalah langkah menghidrasi yang membuat rambut lebih mudah diatur. Bahan-bahan dalam kondisioner membantu pertumbuhan rambut jadi lurus dan halus. Kondisioner juga berfungsi melindungi rambut dari alat penataan yang panas serta iritasi eksternal.

Gunakan kondisioner hanya di ujung rambut dan hindari penggunaannya pada kulit kepala. Oleskan kondisioner secara merata di ujung rambut dengan menyisir menggunakan jari. Selain itu, pastikan untuk membilasnya secara menyeluruh setelah aplikasi dan pilih produk kondisioner organik.

Lakukan kebiasaan keramas yang sehat

Saat keramas, gunakan air temperatur hangat. Jangan panas karena dapat merusak rambut dan menyebabkannya menjadi kering. Selain itu, jangan keramas rambut lebih dari sekali dalam sehari karena dapat menghilangkan minyak alami dan memperlambat pertumbuhan rambut.

Trim rambut secara teratur

Untuk mencegah rambut bercabang, buat rutinitas trim atau memotong ujung rambut setiap 6 hingga 8 minggu. Rambut bercabang cenderung muncul akibat penataan panas, polusi, merokok, stres, dan faktor lainnya. Meskipun pertumbuhan rambut terjadi di tingkat kulit kepala, memangkas rambut tidak akan membuatnya tumbuh lebih cepat. Memotong rambut secara teratur  juga berfungsi menjaga kesehatan rambut.

Jangan menyisir rambut terlalu sering

Meskipun banyak yang percaya bahwa menyisir rambut secara teratur menghasilkan rambut yang lebih sehat, kenyataannya justru sebaliknya. Terlalu sering, menyisir rambut justru dapat menghasilkan gesekan yang menyebabkan rambut kusut dan patah. Cukup menyisir rambut sekali atau dua kali sehari, mulai dari ujung rambut hingga ke akarnya.

Jangan mengambil jeda keramas lebih dari tiga hari

Jika Anda tidak mencuci rambut lebih dari tiga hari, maka penumpukan minyak berlebih di kulit kepala akan terjadi. Penumpukan Ini dapat menyumbat folikel rambut sehingga menyebabkan kulit kepala mengelupas, gatal, dan kemerahan serta rambut jadi sulit ditata. Selain itu, sesuaikan jumlah sampo yang digunakan dengan tebal tipis, panjang pendek rambut. Hindari penggunaan sampo dalam jumlah banyak saat keramas.