6 Cara Meredakan Nyeri Punggung Tanpa Obat, <i>Yuk</i> Mulai Ubah Kebiasaan Buruk
Ilustrasi  cara meredakan nyeri punggung tanpa obat (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Nyeri punggung umumnya kondisi ringan yang disebabkan kebiasaan hidup. Seperti posisi duduk terlalu lama dan kurang bergerak atau menjalani gaya hidup sedentary. Pada sejumlah kasus, mengobati nyeri punggung perlu dilakukan secara medis. Tetapi, untuk sakit punggung bagian bawah dengan intensitas medium, bisa diredakan tanpa obat. Bagaimana caranya? Berikut rekomendasinya.

1. Kompres es dan panas

Meredakan nyeri punggung tanpa obat, bisa dengan mengompres area yang menyakitkan. Ini membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan apabila mengalami cedera. Anda bisa mengompres beberapa kali sehari selama 20 menit. Caranya, bungkus kantong es dengan handuk tipis. Setelah beberapa hari melakukan kompres dingin, susul dengan kompres hangat untuk membantu mengendurkan otot dan meningkatkan aliran darah. Bisa juga dengan mandi air hangat untuk membantu relaksasi.

2. Jangan berbaring terlalu lama

Istirahat memang penting didapatkan cukup, tetapi berbaring terlalu lama menyebabkan hal buruk pada punggung. Ini dapat memperburuk sakit punggung. Maka cobalah tetap bangun perlahan dan mulai bergerak lagi. Olahraga melansir WebMD, Kamis, 9 Februari, bisa jadi alternatif meredakan nyeri punggung dengan cepat. Jenis olahraga yang bisa dilakukan dan tetap aman, antara lain berenang, berjalan, dan yoga.

cara meredakan nyeri punggung tanpa obat
Ilustrasi  cara meredakan nyeri punggung tanpa obat (Freepik/mdjaff)

3. Ambil posisi atau postur yang tepat

Membungkuk buruk bagi Anda, terutama untuk punggung. Postur ini bisa memperparah sakit punggung, terutama ketika Anda terlalu banyak waktu duduk. Direkomendasikan untuk duduk tegak, bahu rileks, dan tubuh ditopang sandaran kursi. Agar punggung nyaman, letakkan bantal atau handuk gulung di antara punggung bawah dan sandaran kursi Anda. Kemudian pastikan kaki tetap rata di lantai.

4. Atur posisi tidur yang baik

Ketika Anda sakit punggung, mungkin sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Tetapi, posisi tidur yang buruk juga memperparah nyeri punggung. Artinya, cobalah ambil posisi tidur miring. Tempatkan bantal di antara lutut untuk menjaga tulang belakang dalam posisi netral dan membantu meredakan ketegangan pada punggung. Apabila perlu tidur telentang, selipkan bantal di bawah lutut.

5. Akupuntur

Akupuntur dipakai untuk menstimulasi saraf yang menurut penelitian efektif mengurangi nyeri punggung kronis. Biasanya, dokter dan ahli akupuntur akan memberikan stimulasi saraf dengan listrik transkutan atau TENS (transcutaneous electrical nerve stimulation).

cara meredakan nyeri punggung tanpa obat
Ilustrasi  cara meredakan nyeri punggung tanpa obat (Freepik/jcomp)

6. Terapi bicara

Kondisi punggung ternyata berkaitan dengan kondisi psikis seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa terapi perilaku kognitif sangat efektif dalam jangka pendek dan panjang untuk membantu mengatasi sakit punggung kronis. Terapi bicara, misalnya CBT, dapat menargetkan orang dengan sakit punggung membentuk kebiasaan positif, seperti aktif secara fisik dan menurunkan rasa sakit pada punggung.

Itulah keenam cara meredakan nyeri punggung tanpa obat. Apabila nyeri tak segera sembuh malah semakin intens, Anda harus periksa ke dokter agar mendapat diagnosa dan perawatan yang tepat.