7 Cara Perawatan Rambut <i>Extension</i> Agar Awet dan Tak Mudah Rontok
Ilustrasi cara perawatan rambut extension (Pexels/Samarth Singhai)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Rambut sambung atau hair extension, populer karena pemasangannya mudah. Perawatannya pun juga bisa dilakukan dengan cara sederhana, yang meliputi kebiasaan tertentu dalam merawat rambut alami. Tetapi karena ada beberapa macam jenis ekstensi rambut di pasaran, maka ketahui cara tepat dalam merawatnya agar tak merusak rambut alami Anda.

Rambut extension ada yang menggunakan ujung keratin, wefts, tape-in, dan i-tip atau ekstensi manik-manik mikro. Ada yang berbentuk clip yang bisa dipasang ketika dibutuhkan. Ada pula hair extension yang bisa bertahan selama 3 bulan. Berikut cara perawatan rambut extension menurut rekomendasi pakar penata rambut.

1. Perlu sering menyisir rambut

Hampir semua penata rambut sepakat bahwa penting menjaga ketahanan atau kepanjangan rambut sambung. Caranya, sisir seluruh ekstensi dari kulit kepala sampai ujung rambut. Melansir Byrdie, dengan sering menyisir rambut akan membuat rambut sambung lebih fleksibel. Tetapi Anda perlu menyisirnya secara lembut.

cara perawatan rambut extension
Ilustrasi cara perawatan rambut extension (Pexels/Yan Krukau)

2. Tidur dengan kepang atau ikat ekor kuda

Salah satu aturan dalam perawatan ekstensi adalah jangan pernah tidur dengan rambut tergerai. Ini dapat menyebabkan kusut, maka disarankan rambut dikepang atau ikat ekor kuda rendah. Dalam mengikat rambut, jangan terlalu kencang untuk mencegah ketarik tanpa sengaja saat terlelap.

3. Ikat menggunakan nilon elastis

Jenis karet elastis untuk mengikat rambut dapat membuat rambut extension tetap aman. Biasanya, akan lebih fleksibel jika diikat dengan karet yang elastis. Tetapi perhitungkan juga bahannya agar tak mengikat kencang dan membuat rambut jadi bergelombang.

4. Tidur dengan sarung bantal sutra

Untuk mengurangi gesekan, Anda bisa memilih sarung bantal berbahan lembut dan meminimalisir gesekan. Bahan yang paling bagus adalah sutra. Dengan minim gesekan, mengurangi risiko kusut dan ruwet.

5. Ikat ke atas untuk rambut bertekstur

Rambut extension enggak selalu lurus, seperti kalau rambut bertekstur atau lebih curly, bisa dengan mengikat ke atas menjadi dua atau tiga bagian. Tujuannya sama, yaitu untuk mempertahankan panjang dan ikal seperti rambut alami Anda.

cara perawatan rambut extension
Ilustrasi cara perawatan rambut extension (Pexels/Natalia Vaitkevich)

6. Merawat kulit kepala

Perawatan kulit kepala secara teratur sangat penting untuk menjaga ketahanan ekstensi rambut dan mencegah penumpukan. Gunakan jenis sampo yang berbeda untuk merawat kulit kepala Anda daripada ekstensi Anda. Sampo pembersih yang lembut namun menyeluruh untuk kulit kepala, penting dipilih. Sebagai tambahan, rawat kulit kepala Anda dengan teknik menyikat khusus membantu memisahkan rambut yang telah Anda rontok secara alami dari pertumbuhan rambut baru Anda yang akan mencegah terjadinya kekusutan di kulit kepala.

7. Jaga kelembapan ujung rambut

Agar ekstensi tetap berkilau, Anda perlu merawat ujungnya. Coba pelembab seperti yang diaplikasikan pada ujung rambut saja. Hindari kondisioner atau minyak apa pun pada akar yang dapat menyebabkan kekusutan pada ekstensi.

Selain ketujuh cara perawatan rambut extension yang disebutkan di atas, Anda perlu memastikan kulit kepala dan akar rambut tetap kering. Karena, rambut basah lebih rapuh, maka setiap kali sehabis keramas keringkan rambut alami agar tak mudah rontok, kusut, atau ekstensi lepas.