Rambut Bercabang? Ini Cara Mencegah dan Mengatasinya
Cara Agar Rambut Tidak Bercabang (Gambar azerbaijan_stockers - Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Rambut bercabang terjadi ketika ujung rambut Anda menjadi kering, rapuh, dan berjumbai. Mereka mungkin menyerupai ujung tali yang terurai. Yuk pelajari cara agar rambut tidak bercabang!

Melansir dari ai-care.id, Paparan kondisi cuaca ekstrem, dan teknik perawatan rambut seperti mengeringkan, meluruskan, dan mengeriting dapat menyebabkan rambut bercabang. Mereka juga disebabkan oleh produk rambut kimia. Dengan begitu banyak orang yang menggunakan produk rambut setiap hari, rambut bercabang sering terjadi. Hampir setiap orang akan berurusan dengan ujung rambut bercabang di beberapa titik.

Cara Agar Rambut Tidak Bercabang

Sayangnya, Anda tidak dapat merawat atau memperbaiki ujung bercabang. Jadi begitu ujung rambut Anda rusak atau berjumbai, satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan memotongnya.

Itu sebabnya pencegahan adalah kunci untuk menjaga rambut Anda sehat dan bebas dari ujung bercabang. Meskipun Anda mungkin tidak dapat sepenuhnya menghindari rambut bercabang, Anda mungkin dapat membatasi seberapa sering ujung rambut bercabang berkembang.

Mari kita lihat beberapa tips dan teknik yang dapat membantu mencegah rambut bercabang.

  • Bersikaplah lembut setelah mencuci rambut

Rambut basah rentan terhadap kerusakan, jadi penting untuk merawat rambut Anda dengan lembut setelah keramas dan kondisioner.

Beberapa orang memiliki kebiasaan mengeringkan rambut dengan handuk, tetapi hal ini dapat merusaknya. Sering menggosok dapat menyebabkan kerusakan rambut. Ini juga dapat merusak kutikula rambut Anda, mengakibatkan ujung rambut bercabang atau kusut.

Alih-alih menggosok rambut hingga kering, keringkan dengan handuk untuk menghindari kerusakan dan kerusakan.

  • Pisahkan rambut Anda

Rambut kusut, baik basah maupun kering, bisa jadi sulit untuk disisir atau disikat. Jadi, selalu pisahkan rambut Anda sebelum dikeringkan, disikat, atau ditata.

American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan penggunaan sisir bergigi jarang. Gigi yang lebih lebar memungkinkan sisir meluncur melewati rambut Anda tanpa merusak ujungnya atau menyebabkan kerusakan.

  • Hidrasi rambut Anda

Menjaga kunci Anda tetap lembab juga merupakan kunci untuk mencegah rambut bercabang. Kekeringan dapat melemahkan rambut, terutama di ujungnya, dan ini dapat menyebabkan kerusakan dan ujung bercabang.

Untuk menambah kelembapan pada rambut Anda, pertimbangkan untuk menggunakan masker rambut mingguan. Masker rambut adalah perawatan deep conditioning yang dapat memberikan kelembapan pada rambut Anda serta mengurangi rambut kusut dan kering. Masker juga dapat mengurangi risiko kerusakan rambut, menghasilkan rambut yang lebih lembut dan berkilau.

Produk dalam masker rambut biasanya lebih terkonsentrasi daripada produk kondisioner instan. Selain itu, masker bertahan lebih lama di rambut anda mulai dari 20 menit hingga beberapa jam, atau bahkan semalaman.

Anda bisa membeli masker rambut yang sudah jadi atau membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan seperti:

  • minyak kelapa
  • lidah buaya
  • Madu
  • minyak zaitun
  • pisang

  • Kurangi Memanaskan Rambut

Menggunakan peralatan panas pada rambut Anda, terutama setiap hari, dapat mengeringkannya dan mengubah struktur protein rambut Anda.

Jika memungkinkan, biarkan rambut Anda mengering setelah dicuci, lalu tata tanpa menggunakan alat pengeriting rambut, setrika datar, atau pengering rambut.

Jika Anda memang perlu menggunakan peralatan berpemanas, coba kecilkan setelan panasnya. Anda juga dapat mengoleskan produk pelindung panas sebelum mengeringkan atau menata rambut untuk menghindari kerusakan akibat panas.

  • Hindari menyikat secara berlebihan

Rambut Anda tidak membutuhkan 100 sapuan kuas sehari. Itu mitos. Padahal, menyikat rambut terlalu sering bisa menyebabkan kerusakan, termasuk patah dan ujung bercabang.

Sebaliknya, sisir rambut Anda hanya untuk menata atau membuatnya terlihat lebih rapi. Hindari menarik atau menarik-narik rambut Anda saat Anda menyikat atau menyisirnya, dan gunakan produk penghilang kusut jika Anda perlu menghilangkan simpul.

  • Tidur di atas sarung bantal sutra

Melindungi rambut Anda di malam hari juga dapat mencegah rambut bercabang. Daripada tidur di atas sarung bantal katun, tidurlah di atas sarung bantal sutra atau satin untuk mengurangi gesekan.

Tidur di atas sarung bantal sutra atau satin memungkinkan rambut Anda meluncur di atas bantal. Memiliki lebih sedikit gesekan antara sarung bantal dan rambut Anda dapat membantu mencegah kerusakan dan kerusakan rambut.

Pilihan lainnya adalah mengenakan syal sutra di malam hari untuk melindungi rambut Anda.

  • Tambahkan waktu di antara perawatan rambut

Perawatan kimia seperti mewarnai, mengeriting, atau merilekskan rambut Anda dapat merugikan, terutama jika Anda memiliki lebih dari satu perawatan sekaligus.

Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk menurunkan kemungkinan kerusakan rambut, patah, dan ujung bercabang:

Tambahkan lebih banyak waktu di antara perawatan. Jika memungkinkan, cobalah untuk pergi 8 sampai 10 minggu antara perawatan touch-up.

Hanya mendapatkan satu jenis perawatan kimia pada satu waktu. Jika Anda membutuhkan lebih dari satu jenis perawatan, AAD menyarankan untuk mengendurkan atau mengeriting rambut terlebih dahulu. Jika Anda juga ingin mewarnai rambut, tunggu 2 minggu sebelum melakukannya.

Oleskan masker rambut seminggu sekali atau gunakan kondisioner instan setiap kali keramas.

Jadi setelah mengetahui cara agar rambut tidak bercabang, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!