Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Efektif dan Minim Rasa Sakit
Ilustrasi mencukur bulu ketiak (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menghilangkan bulu ketiak menjadi sesuatu yang ditakuti oleh sebagian orang. Pasalnya, cara yang dilakukan kadang menimbulkan rasa sakit berupa perih hingga muncul sensasi panas di ketiak. Padahal ada tips dan cara menghilangkan bulu ketiak secara cepat dengan minim rasa sakit.

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Harus diketahui bahwa menghilangkan bulu ketiak tidak bisa dilakukan sembarangan karena akan berimbas pada iritasi pada kulit, muncul luka, rambut yang tumbuh ke dalam, hingga mengganggu kecantikan ketiak. Bagi Anda yang ingin menghilangkan bulu di ketiak, coba cara berikut ini.

  1. Krim Bulu

Saat ini sudah ada krim penghilang bulu ketiak. Cara ini populer dan banyak dicoba oleh masyarakat. Selain mudah dilakukan, menghilangkan bulu ketiak dengan krim bulu juga tidak menyakitkan.

Krim penghilang bulu dibuat dari bahan aktif yang bertugas untuk memecah ikatan keratin dari folikel rambut ke permukaan kulit.

Anda bisa mencoba krim penghilang bulu namun tetap harus hati-hati. Efek samping krim ini bsia berupa kemerahan di kulit, rasa gatal, sensasi panas, hingga lecet. Tidak dianjurkan untuk Anda yang punya kulit sensitif.

  1. Waxing

Cara ini sebenarnya familiar dilakukan oleh masyarakat. Waxing memang cukup efektif untuk menghilangkan bulu ketiak. Namun terkadang cara ini menimbulkan rasa sakit. Hal itu terjadi karena caranya yang kurang tepat.

Waxing adalah metode pencabutan bulu dengan cara mengoleskan cairan lilin di ketiak atau tempat tumbuhnya bulu. Setelah cairan lilin mengikat rambut, dilakukan pencabutan secara cepat dan menyeluruh. Cara ini cukup efektif karena mampu mencabut rambut hingga akar. Waxing biasanya akan berdampak pada kulit memerah, iritasi, hingga radang kulit. Disarankan untuk melakukan waxing dengan bantuan profesional.

  1. Laser atau IPL

Intense Pulsed Light (IPL) adalah metode penghilangan bulu dengan laser. Cara ini sangat efektif dan minim rasa sakit dibanding cara lainnya. Namun untuk melakukan hal ini, Anda harus menjalani serangkaian perawatan selama beberapa bulan.

Meski IPL sangat efektif menghilangkan bulu di ketiak, tak banyak orang melakukannya karena membutuhkan biaya yang relatif mahal. Selain itu IPL juga membawa efek samping seperti membuat kulit memerah, menyebabkan iritasi, hingga warna kulit jadi berubah. Untuk melakukan IPL harus dilakukan dengan pengawasan dokter atau profesional.

  1. Ramuan Kapur Sirih

Menghilangkan bulu ketiak juga bisa dilakukan dengan ramuan kapur sirih. Ramuan akan merontokkan bulu halus yang ada di tubuh, termasuk bulu ketiak. Hal itu terjadi karena adanya zat kavinol, karkavol, kadinen, dan samak yang tidak hanya merontokkan bulu namun juga memutihkan ketiak atau lipatan tubuh.

Cara membuat ramuan kapur sirih untuk merontokkan bulu ketiak adalah dengan mencapurkan 1 sendok makan kapur sirih lalu campur dengan air lemon. Setelah tercampur sempurna, oleskan ramuan ke area ketiak yang ditumbuhi bulu, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan ramuan tersebut dengan kain yang sebelumnya sudah direndam dengan air. Lakukan cara ini selama beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara ini banyak dipilih karena mudah, alami, dan tidak menimbulkan risiko yang berarti.

Selain terkait cara menghilangkan bulu ketiak, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.