Kucing Kesayangan Sering Menggigit Barang-Barang di Rumah, Begini Caranya Mengatasi
Ilustrasi kucing sering menggigit dan cara mengatasi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi kucing, menggigit adalah perilaku yang normal. Tetapi apabila anabul kesayangan di rumah mulai menggigiti dan merusak barang yang membahayakan mereka, maka perlu diatasi dengan cara yang tepat. Alih-alih mengurungnya, lebih baik memakai cara untuk memperbaiki perilakunya.

Penting untuk diketahui, kucing menggigit barang atau benda karena mereka mungkin bosan. Kalau alasannya karena bosan, artinya Anda perlu meluangkan waktu mengajaknya bermain. Melansir The Spruce Pets, Selasa, 7 Maret, kucing juga bisa menggigiti sesuatu karena sakit gusi. Tujuannya agar air liur keluar dan membantu mengatasi rasa sakit.

Di samping dua alasan di atas, kucing juga bisa mengalami gangguan obsesif-kompulsif, defisiensi nutrisi, dan penyapihan dini sehingga mereka melampiaskan dengan menggigiti benda-benda tertentu. Penyakit periodontal juga bisa jadi penyebabnya.

kucing sering menggigit dan cara mengatasi
Ilustrasi kucing sering menggigit dan cara mengatasi (Freepik)

Di rumah, benda yang umum ‘diusik’ kucing diantaranya adalah kabel, tanaman hias, dan furniture kain atau kulit. Cara mengatasi kalau kucing menggigiti kabel, dengan sediakan banyak  mainan agar mereka tidak sibuk mencari-cari benda karet yang mungkin mereka gigiti.

Misalnya, pasang mainan dinding atau pintu yang dapat mereka ayunkan atau pukul. Mainan lainnya, menara kucing untuk dijelajahi, atau bahkan susunan kotak kardus di lantai untuk membentuk terowongan. Setiap kali mereka bermain, berikan camilan untuk memuaskan naluri berburu mereka.

Di samping memberikan mainan, perbaiki sistem perkabelan di rumah. Pasang pelindung agar tak mudah diusik kucing. Berbeda jika kucing menggigiti tanaman hias. Beberapa tanaman, tidak aman untuk kucing. Jadi, Anda perlu membatasi akses kucing terhadap tanaman hias yang beracun.

kucing sering menggigit dan cara mengatasi
Ilustrasi kucing sering menggigit dan cara mengatasi (Freepik)

Penting untuk diketahui, kucing yang mengalami OCD, biasanya menyukai gigit-gigit benda dari kain. Cara terbaik untuk mencegahnya, berikan mainan untuk digigit tetapi aman buat Kesehatan anabul. Misalnya mainan lunak yang bisa dikunyah.

Beberapa anak kucing, mungkin pada masa pertumbuhan gigi akan suka menggigiti benda-benda di rumah. Agar tak merusak furniture atau membahayakan kesehatan mereka, berikan mainan interaktif yang bisa digigit seperti sedotan plastik.

Perlu kiranya menghindari menghukum dengan memukul dan berteriak ketika kucing sering mengigigit. Cara ini tidak efektif dalam mengajari kucing untuk tiidak menggigit. Mereka juga tidak akan memahami kalau mereka berperilaku buruk jika dipukul atau dibentak.