Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui: Lakukan Beberapa Cara Ini Agar ASI Lancar
Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui (Rebecca Scholz - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bolehkah ibu menyusui puasa? Persoalan ini bisa jadi pernah terbayang di isi kepala Anda. Alasannya, ibu dianjurkan buat memenuhi keinginan nutrisinya sepanjang menyusui sebab perihal itu bakal mempengaruhi pada produksi serta mutu ASI.

Sedangkan itu, puasa dicoba dengan menahan diri buat tidak makan serta minum sepanjang beberapa jam dikhawatirkan bisa mengurangi daya produksi ibu menyusui, baik dalam menjalani kegiatan tiap hari ataupun memproduksi ASI bermutu.

Supaya tidak bingung, ayo ikuti uraian selengkapnya lewat uraian di bawah ini. 

Bolehkah Ibu Menyusui Melakukan Puasa?

Banyak ibu merasa ragu melaksanakan puasa dikala menyusui sebab takut bakal mempengaruhi mutu ASI. Bagi riset dalam Iranian Journal of Pediatrics serta Journal of Fasting and Health, tidak ada perbedaan penting pada perkembangan bayi dari ibunda yang berpuasa ataupun tidak.

Puasa membuat ibu tidak memperoleh konsumsi hidangan serta minuman sepanjang beberapa jam. Tetapi, ASI senantiasa bisa dibuat sebab terdapatnya persediaan lemak dalam badan.

Isi vitamin di dalam ASI dikala bunda berpuasa bisa jadi dapat menurun, oleh sebab itu bunda dianjurkan buat komsumsi makanan segar sepanjang puasa. Kala ibu menyusui berpuasa, badan ibu bakal dengan cara otomatis membiasakan pola metabolisme akibatnya badan senantiasa memproduksi ASI dengan mutu terbaik. 

Lalu, bolehkah ibu menyusui puasa? Ibu menyusui biasanya dibolehkan buat berpuasa sebab tidak mencelakakan situasi kesehatan bunda ataupun anak yang menerima ASI. Saat sebelum memutuskan berpuasa, ada bagusnya buat bertanya dengan dokter buat membenarkan ibu dalam kondisi prima buat menempuh puasa, serta bayi tidak membutuhkan perhatian spesial terutama yang berhubungan dengan nutrisi.

Perihal yang tidak kalah berarti buat dipikirkan bunda berikutnya merupakan umur bayi. Di mana ASI eksklusif amat dibutuhkan sebagai satu- satunya asupan sampai anak berumur 6 bulan. Buat umur anak yang telah menggapai 6 bulan ataupun sudah memperoleh MPASI( hidangan pendamping ASI), bunda bisa berpuasa seperti biasa. Akan tetapi, isi nutrisi pada santapan yang bunda konsumsi senantiasa penting buat dicermati, mengingat bayipada umur ini sedang akan menyusu dikala malam hari. 

Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui

Menjaga Pola Makan

Puasa bakal membuat pola makan tiap hari berganti. Kerap kali puasa pula mengakibatkan ibu membutuhkan makanan yang cenderung kurang sehat, semacam komsumsi gorengan, kue kering, ataupun minuman manis.

Sementara itu, sepanjang menyusui ibu wajib melindungi pola makannya supaya mutu ASI senantiasa terpelihara sekalipun ibu berpuasa. Salah satu panduan melindungi pola makan untuk ibu menyusui yang berpuasa yakni komsumsi makanan tinggi protein serta karbohidrat kompleks selaku menu sahur. 

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Memenuhi keinginan cairan tubuh ialah tahap yang tidak bisa terlewatkan dikala puasa. Perihal ini bermanfaat buat menghindari kehilangan cairan tubuh karena Anda wajib menahan rasa dahaga selama beberapa jam.

Tetapi, bukan berarti ibu wajib minum dengan cara kelewatan dikala sahur. Bunda bisa memakai tata cara 2- 4- 2, ialah minum 2 cangkir dikala berbuka, 4 cangkir sepanjang rentang waktu makan malam hingga menjelang tidur, serta 2 cangkir dikala sahur. 

Memilah Menu Buka Puasa yang Sehat

Masakan yang dianjurkan untuk ibu menyusui puasa yakni masakan yang dapat membagikan tenaga dengan cara natural guna mengembalikan tenaga yang hilang. Tidak hanya itu, upayakan tidak menunda- nunda waktu berbuka. Salah satu camilan berbuka yang dianjurkan ialah buah kurma. 

Memperhatikan Produksi ASI

Panduan puasa dikala menyusui selanjutnya yakni selalu mencermati produksi ASI. Umumnya, pembuatan ASI bakal menyusut menjelang durasi berbuka. Perihal ini disebabkan kandungan larutan di dalam badan terus menjadi berkurang. Walaupun seperti itu, Anda tidak butuh cemas. Ibu dapat menggandakan ASI dengan memompanya dengan cara disiplin. 

Istirahat yang Cukup

Biar tidak gampang letih dikala berpuasa, upayakan membatasi kegiatan fisik yang berat, paling utama di kala cuaca lagi panas. Hendaknya, optimalkan masa senggang buat istirahat.

Supaya ada masa lebih banyak buat istirahat, cobalah berbelanja keperluan rumah sebelum berpuasa. Dengan seperti itu, ibu dapat meminimalkan aktivitas di luar rumah dikala puasa. 

Jadi setelah mengetahui tips puasa untuk ibu menyusui, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!