Makna Jumat Agung bagi Umat Kristiani dan Contoh Kalimat Ucapannya
Ilustrasi Yesus Kristus (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Hari ini umat Kristiani merayakan Hari Jumat Agung yang pada tahun 2023 momen tersebut jatuh pada hari Jumat 7 Maret. Bagi umat Kristen Jumat Agung adalah hari yang suci. Bahkan Pemerintah menetapkan tanggal 7 April sebagai hari libur. Lalu apa makna Jumat Agung bagi Umat Kristiani?

Makna Jumat Agung bagi Umat Kristiani

Dalam sejarahnya, Jumat Agung adalah hari yang sangat penting untuk umat Kristiani karena hari tersebut sekaligus menandai peristiwa penyaliban Yesus Kristus yang dilakukan di Bukit Golgota. Penyaliban Yesus dilakukan untuk memikul dosa manusia.

Secara umum Makna Jumat Agung adalah hari yang suci sekaligus hari kesedihan karena penyaliban Kristus, penebusan dosa oleh Kristus, dan puasa. Di hari tersebut umat Kristiani akan menggelar berbagai rangkaian ibadah seperti puasa, kebaktian, khotbah di gereja, doa, atau menyanyikan lagu pujian bagi Yesus.

Dalam agama Kristen, Jumat Agung jadi salah satu dari tiga hari suci lain yakni Kamis Putih dan Paskah. Umat Kristen akan merayakan Paskah atau Kebangkitan Yesus Kristus tiga hari setelah Jumat Agung. Ketika Paskah masyarakat Kristen akan beribadah di hari Minggu saat subuh. Sedangkan bagi umat Katolik, prosesi peribadahan biasanya dilakukan mulai malam paskah atau Sabtu petang hingga disebut Sabtu Suci.

Setidaknya ada tiga makna Jumat Agung bagi Umat Kritiani secara umum yakni sebagai berikut.

  1. Ampunan untuk Umat Manusia

Jumat Agung jadi momen penyadaran untuk umat Kristiani bahwa ampunan Tuhan sangat penting bagi manusia. Selain itu pengorbanan yang dilakukan Yesus adalah cara Tuhan memperlihatkan cintanya kepada umat manusia sekaligus jadi momen pengampunan untuk umat manusia.

Yesus juga mengajarkan kepada umat betapa pentingnya cinta kasih untuk kehidupan. Yesus juga doa kepada Allah untuk mengampuni semua orang yang berbuat semena-mena kepadanya, seperti yang dijelaskan dalam Lukas 23:34:

“Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”

  1. Penderitaan Bukanlah Akhir

Jumat Agung juga menjadi pembelajaran bahwa penderitaan yang dialami oleh manusia bukanlah akhir dari segalanya. Yesus juga mengajarkan bahwa siapapun manusia yang menjadi umatnya harus siap menanggung beban dan penderitaan hidup yang harus dijalani dengan perjuangan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Matius 16:24:

"Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Jika seseorang mau mengikuti Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

  1. Menjadi Pribadi yang Baru

Jumat Agung juga dimaknai sebagai langkah awal bagi umat manusia untuk menjadi orang yang lebih baik di lain kesempatan karena pribadi seseorang telah terbentuk setelah berhasil melewati tantangan dan halangan.

Ucapan Jumat Agung

Saat menyambut Jumat Agung, umat Kristiani biasanya akan mengirimkan pesan teks atau kartu ucapan yang bermakna doa dan harapan. Berikut ini ucapan Jumat Agung yang bisa disampaikan kepada umat Kristiani.

  • Selamat Jumat Agung. Kami berharah agar di hari yang penuh kasih sayang ini mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik
  • Semoga di Jumat Agung ini ada perubahan positif dalam menjalani hari serta kita semua mendapat cinta berkat dari Tuhan Yesus. Salam hangat bagi seluruh manusia yang merayakan.
  • Selamat Jumat Agung! Harapannya agar cahaya-Nya terus membersamaimu di sepanjang tahun dan menambah kedamaian dalam hati.

Selain terkait makna Jumat Agung bagi umat Kristiani, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.