Agar Kembali Lembap, Ikuti 5 Cara Mengatasi Tangan Kering dan Kasar
Ilustrasi cara mengatasi tangan kering dan kasar (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kulit tangan tak seperti kulit bagian lain. Karena sering terpapar udara, sabun cuci, hand sanitizer, dan faktor lainnya sehingga menyebabkan kondisinya kering dan kasar. Meskipun begitu, ada cara membuat kulit tangan lebih lembap, kencang, dan tidak pecah-pecah dengan cara berikut ini.

1. Pakai sabun cuci tangan dengan formula ringan

Kebanyakan sabun cuci tangan memakai formula sulfat yang tentu saja berdampak buruk pada kulit Anda. Untungnya, beberapa produk diformulasikan secara sederhana tanpa menggunakan bahan yang mengeringkan kulit. Rekomendasi dokter kulit bersertifikat berbasis di New York, Kseniya Kobets, MD., carilah formula yang bebas sulfat dan pewangi, serta mengandung pelembap kulit seperti asam hialuronat atau ceramide.

2. Lembapkan setelah kena air

Berbagai macam pelembap kulit, terutama untuk tangan. Anda bisa memakai losion atau krim pelembap sesaat setelah tangan basah kena air. Menurut dokter kulit bersertifikat dilansir Byrdie, Senin, 10 April, air membuat kelembapan alami kulit menguap. Cara terbaik untuk mengunci kelembapan adalah dengan memakai losion pelembap.

cara mengatasi tangan kering dan kasar
Ilustrasi cara mengatasi tangan kering dan kasar (Freepik/Racool_studio)

3. Memakai krim tangan

Kalau berdasarkan urutan, merawat kulit tangan agar tak kering dan kasar, pertama dengan mengoleskan krim tangan yang mengandung humektan. Humektan ialah sifat bahan formula yang menarik air dan menguncinya pada kulit. Diantaranya gliserin dan asam hialuronat, papar Kobets. Selanjutnya bisa mengaplikasikan losion mengandung ceramide untuk mengatasi kekeringan.

4. Memakai sarung tangan katun

Setelah mengoleskan krim pelembap ataupun losion, Anda bisa memakai sarung tangan katun saat tidur. Ini membuat krim tidak terkelupas, dan membantu menjebak kelembapan kulit. Dengan memakai sarung tangan, tangan akan terasa lebih lembut dan halus ketika Anda bangun.

5. Pakai krim tangan untuk eksfoliasi

Pengelupasan adalah hal wajar dilakukan untuk mengatasi kulit tangan kasar dan kering. Tetapi harus dilakukan dengan hati-hati. Pertama, pilih lulur fisik dengan kandungan bahan kimia yang tidak terlalu keras untuk mencegah iritasi dan memperburuk situasi. Gantinya, pilih krim pelembap yang mengandung eksfolian lembut.

Itulah kelima cara mengatasi tangan kering dan kasar. Perlu diketahui, banyak alasan yang membuat tangan tak lagi lembut. Telapak tangan dan kaki tidak memiliki kelenjar sebaceous. Kelenjar ini menghasilnya minyak untuk melindungi dan menghidrasi kulit. Selain faktor alamiah ini, ada pula faktor lain yang menyebabkan kulit tangan kering dan kasar. Seperti sabun, pembersih tangan, air, dan paparan udara. Maka, Anda bisa memakai cara yang dijelaskan di atas untuk merawat tangan agar tak kering, kasar, hingga pecah-pecah.