5 Jenis Hama Tanaman Hias dan Cara Aman Membasminya
Ilustrasi (Raavi Kant/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Meski sudah merawat tanaman dengan baik, seringkali serangan hama tanaman tidak bisa terelakkan. Serangan hama terjadi dan lebih mungkin terjadi ketika tanaman stres atau melemah. Untuk mencegah infestasi hama serangga, biasakan memeriksa tanaman Anda secara teratur, mencari di bawah daun dan di tanah untuk mencari serangga dan makhluk lainnya.

Pangkas daun yang menguning, kering, atau terlihat rusak, sehingga tidak ada kotoran yang dapat dimakan hama. Setiap kali Anda membawa pulang tanaman hias baru, karantina tanaman itu jauh dari tanaman lain. Isolasi akan menghentikan kemungkinan penyebaran penyakit atau hama.

Dilansir Rider's Digest, Selasa, 11 April, berikut beberapa hama serangga yang paling sering menyerang tanaman dan cara membasminya.

Kutu daun

Dikenal sebagai kutu tanaman, kutu daun merupakan serangga kecil berbentuk buah pir yang menghisap getah tanaman. Anda akan sering melihat mereka memakan tunas baru atau batang tanaman, yang dapat menyebabkan daun berubah bentuk, keriting atau menguning dan pertumbuhan terhambat secara keseluruhan. Selain itu, kutu daun meninggalkan cairain lengket yang disebut honeydew, yang mendorong pertumbuhan jamur.

Gunakan selang untuk menyemprotnya dari tanaman Anda atau bersihkan dengan handuk yang dicelupkan ke dalam alkohol. Untuk memastikannya tidak kembali, semprotkan tanaman Anda dua hingga tiga kali seminggu dengan campuran air dan beberapa tetes sabun cuci piring yang lembut.

Agas jamur

Hama satu ini suka bertelur di tanah lembab tanaman yang terlalu banyak air. Setelah telur menetas, mereka menggali lebih jauh ke dalam tanah dan memakan akar tanaman dan bahan tanaman organik lainnya. Agas ini tidak menggigit atau menyebarkan penyakit ke manusia tapi mendatangkan masalah pada tanaman. Jika tidak diobati, jamur agas dapat menyebabkan daun menguning, pertumbuhan melambat, layu dan akar membusuk.

Hal yang perlu dilakukan untuk menghilangkan agas jamur yaitu mengeringkan tanah. Jika tanah susah kering, cobalah mengganti pot untuk memberi tanaman awal yang baru. Anda juga bisa memasang perangkap menggunakan cuka sari apel, sabun cuci piring, dan air. Bau cuka akan menarik agas, yang akan tenggelam begitu terkena air sabun.

Kutu putih

Jika Anda melihat bintik-bintik putih pada tanaman, Anda mungkin berurusan dengan embun tepung atau kutu putih. Kutu putih adalah serangga kecil, putih, berbentuk oval. Hama tanaman hias ini memiliki lapisan lilin dan sulit dikenali pada awalnya. Tapi begitu dewasa, kemungkinan besar hama ini sudah bertelur ratusan dan menyedot getah dari daun dan batang tanaman hias favorit Anda.

Kutu putih dapat menyebabkan daun menguning dan kehilangan buah, sayuran, dan bunga sebelum waktunya. Dan seperti banyak hama tanaman lainnya, mereka meninggalkan embun madu, yang mendorong pertumbuhan jamur jelaga dan menghalangi sinar matahari yang sangat dibutuhkan tanaman.

Jika Anda menemukannya lebih awal, cukup mudah untuk membasmi kutu putih dengan cukup membasuhnya di bawah aliran air. Metode lain, oleskan langsung dengan kain atau bola kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol. Sabun insektisida atau minyak neem juga akan membasmi kutu putih. Metode apa pun yang Anda pilih, pastikan untuk memeriksa tanaman Anda setiap beberapa hari dan ulangi perawatan seperlunya untuk memastikan serangga hilang.

Thrips

Juga dikenal sebagai lalat petir, thrips adalah serangga kecil, ramping, berwarna gelap yang merupakan hama taman umum yang dapat masuk dan merusak tanaman dalam ruangan. Tanda pertama infestasi thrip adalah daun yang layu atau berjerawat. Anda akan melihat mereka merangkak dan mungkin terbang saat mereka menyedot getah dari daun, batang, bunga, dan kuncup, biasanya dimulai dari sisi bawah daun.

Thrips juga meninggalkan tetesan kotoran, yang akan terlihat seperti bintik hitam seperti pernis. Cara membasminya, bawalah tanaman yang terkena ke luar atau ke kamar mandi dan bilas daunnya untuk segera merobohkan populasinya. Semprot tanaman dengan sabun insektisida organik yang sudah dicampur sebelumnya atau dengan campuran 1 sendok teh sabun cair lembut dan 1 liter air yang diencerkan. Pun semprotan minyak nimba juga dapat digunakan.

Tungau laba-laba

Tungau laba-laba sering luput dari perhatian karena orang mengira jaring kecil mereka adalah jaring laba-laba normal. Biasanya ia bukan laba-laba, melainkan tungau kecil yang hampir tidak terlihat oleh mata manusia. Tungau laba-laba biasanya mulai makan di bagian bawah daun tanaman, dan paling aktif dalam kondisi kering dan panas. Tanda pertama serangan tungau laba-laba adalah kerusakan tanaman seperti bintik-bintik berwarna terang di permukaan atas daun.

Cara membasminya, keluarkan tungau laba-laba dan hancurkan jaringnya dengan aliran air yang deras dari selang atau pancuran. Tanaman juga dapat dirawat dengan sabun insektisida atau semprotan minyak nimba. Anda mungkin harus menyemprot sekali seminggu selama beberapa minggu untuk mengendalikan serangan tungau laba-laba.

Terkait