Tips Packing Barang Saat Mudik Lebaran: Kelihatannya Simple Tapi Bisa Merepotkan Kalau Diremehkan
Tips Packing Barang Saat Mudik Lebaran (Gambar Edeltravel_ - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apakah kalian telah berencana buat mudik Idulfitri? Bila iya, pasti kalian butuh mengenali cara packing mudik yang efisien supaya dapat lebih menghemat waktu. Kali ini Kita bakalan membahas beberapa tips packing barang saat mudik lebaran.

Alasannya, membereskan muatan bawaan sering- kali jadi sulit sebab kita merasa bimbang apa saja yang wajib dibawa serta teknik menatanya supaya apik.

Nah, buat menolong persiapanmu, Kali ini terdapat sebagian panduan packing di dikala kalian hendak mudik.

Mau ketahui apa saja tips- tipsnya? Ayo, langsung baca selengkapnya di bawah ini! 

Tips Packing Barang Saat Mudik Lebaran

Bikin daftar barang yang ingin dibawa

Langkah packing mudik pertama yang wajib kalian jalani saat sebelum memulai packing yakni menulis kebutuhan yang hendak dibawa. Dengan membuat suatu catatan benda bawaan, kalian bakal lebih gampang menata apa saja yang memanglah kalian perlukan serta tidak dibutuhkan.

Tidak hanya itu, catatan bawaan ini pula dapat dipakai buat memeriksa apakah tiap benda telah dimasukkan ke dalam koper ataupun tas, alhasil menghindari terjadinya ketinggalan barang. 

Mencicil memasukkan barang bawaan

Idealnya, sehabis membuat catatan bawaan, kalian dapat mulai mengangsur memasukkan bawaan, semacam pakaian yang hendak digunakan.

Dengan mencicil sedikit demi sedikit, kalian tidak bakal merasa kewalahan dikala hari- H mudik telah mendekat. 

Mengerti peraturan moda transportasi digunakan

Panduan packing mudik yang lain yang wajib kalian cermati yakni tahu peraturan moda transportasi yang hendak dipakai buat balik kampung. Bila berjalan memakai alat transportasi individu semacam mobil, kalian dapat lebih lapang bawa benda sebanyak yang di idamkan.

Tetapi, bila kalian balik memakai pesawat, hendaknya lihat dulu berat maksimum bawaan buat maskapaimu. Biasanya, pesawat cuma memberikan berat muatan sebesar 20 kilogram. Ada pula peraturan buat besar bawaan yang bisa dimasuk ke dalam kabin pesawat.

Nah, untuk yang memakai kereta api, dalam web sah KAI, dituliskan kalau tiap penumpang diberikan maksimum berat muatan sebesar 20 kilogram. Bila keseluruhan berat bawaanmu melampaui berat yang didetetapkan, kalian bakal dikenakan ekstra bayaran. 

Teknik Gulung Pakaian

Cara packing mudik ini bisa jadi sudah kerap kalian dengar. Tetapi, panduan ini memanglah teruji dapat mengirit banyak ruangan dalam koper serta tas.

Tidak hanya itu, buat hal- hal kecil semacam baju dalam serta kaos kaki, tidak butuh kalian gulung. Lumayan kalian selipkan mereka di antara pakaian ataupun celana saat sebelum digulung. Dengan seperti itu, bakal lebih banyak lagi ruangan buat menempati benda bawaan yang lain. 

Memisahkan barang-barang elektronik

Bisa jadi kalian butuh bawa alat- alat elektronik dikala akan mudik. Nah, dalam permasalahan ini, disarankan kalian mengemasnya dengan tas tertentu.

Tidak hanya itu, ada bagusnya pula kalian memakai tas yang tahan air supaya seluruh perlengkapan elektronikmu tidak basah serta nyaman bila ada air yang tumpah. Setelah itu sedapatnya pisahkan seluruh perlengkapan elektronikmu jauh dari bawaan yang berbahan cair. 

Berikan tanda pengenal pada bawaanmu

Kalian dapat menggantung kartu pengenal yang berisi nama, domisili, serta no telepon pada koper ataupun tasmu. Dengan seperti itu, walaupun kopermu barangkali hilang dan seorang menemukannya, beliau bakal dapat menghubungimu.

Tidak hanya itu, buat mengestimasi terdapat koper yang mempunyai bentuk serta warna yang serupa dengan milikmu, kalian dapat bagikan tanda khas sendiri semacam mengikat ikatan rapiah bercorak ataupun memakai stiker. 

Jadi setelah mengetahui tips packing barang saat mudik lebaran, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!