Tenggorokan Sakit karena Radang, Ini Penyebab dan Caranya Mengobati
Ilustrasi tenggorokan sakit karena radang (Freepik/cookie_studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Musim sedang tak tentu, kadang panas matahari menyengat dan keesokan harinya mendung tampaknya akan hujan. Cuaca yang berubah-ubah ini, memengaruhi cara makan, pola hidup, dorongan untuk minum es ketika panas, dan berkembangnya virus yang menginfeksi. Untuk itu, berikut penjelasan mengenai penyebab serta cara mengobati tenggorokan sakit karena radang.

Penyebab tenggorokan sakit karena radang

Virus menyebabkan jenis sakit tenggorokan yang paling umum, dilansir Centers for Disease Control and Prevention, Jumat, 28 April. Sakit tenggorokan sebenarnya bukan radang, tetapi radang hanya dialami 3 dari 10 anak dan sekitar 1 dari 10 orang dewasa. Sakit tenggorokan ini, biasanya menunjukkan amandel yang meradang.

Selain karena virus, sakit tenggorokan juga bisa disebabkan bakteri. Oleh karena itu diperlukan antibiotik untuk mengobati infeksi dan mencegah demam rematik serta komplikasi lainnya. Tetapi sakit tenggorokan membutuhkan diagnosis dokter untuk memastikan penyebabnya. Dokter akan menguji terlebih dahulu untuk menentukan apa yang menyebabkan tenggorokan sakit.

tenggorokan sakit karena radang
Ilustrasi tenggorokan sakit karena radang (Freepik)

Apabila Anda merasakan sakit tenggorokan, disarankan untuk tinggal di rumah atau menitipkan anak selagi Anda demam. Selain itu, disarankan minum antibiotik setidaknya selama 12 jam. Jika virus yang menyebabkan sakit tenggorokan, antibiotik tidak akan membantu. Karena kebanyakan sakit tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu minggu.

Penting diketahui, apabila sakit tenggorokan karena virus justru akan berbahaya kalau minum obat antibiotik. Karena efek sampingnya menyebabkan reaksi ringan seperti ruam, hingga masalah kesehatan lebih serius. Tetapi bisa juga mencakup reaksi alergi yang lebih parah, seperti resisten terhadap antibiotik dengan gejala diare, kerusakan usus besar, hingga menyebabkan kematian.

Cara mengobati sakit tenggorokan

Beberpa cara mengobati sakit tenggorokan, bisa dengan membuat kondisi lebih baik. Pertama, Anda bisa menghisap es loli atau permen pelega tenggorokan. Selain cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan uap kabut dingin. Selanjutnya, berikut ini bisa Anda lakukan untuk mengobatinya:

  1. Berkumur dengan air garam.
  2. Minum minuman hangat dan banyak minum air mineral.
  3. Gunakan madu untuk meredakan batuk, khususnya untuk orang dewasa atau anak-anak minimal berusia 1 tahun lebih.
  4. Konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pereda sakit tenggorokan.
tenggorokan sakit karena radang
Ilustrasi tenggorokan sakit karena radang (Freepik/8photo)

Beberapa obat juga bisa didapatkan di apotek. Tetapi waspadai kalau untuk anak-anak, karena obat bebas tanpa resep tidak dianjurkan untuk anak-anak dengan usia tertentu.

Itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengobati sakit tenggorokan. Untuk pencegahan, bisa dengan menjaga kesehatan, seperti membersihkan tangan, hindari kontak dekat dengan orang penderita sakit tenggorokan, pilek, dan infeksi saluran pernapasan. Ditambah lagi, hindari terpapar asap rokok.