Deretan Produksi Serial dan Film Terkena Imbas Mogok Penulis WGA
Stranger Things, salah satu judul yang terkena imbas aksi mogok WGA (Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Aksi mogok penulis dari berbagai rumah produksi berimbas kepada tersendatnya jadwal perilisan serial dan produksi film. Aksi mogok yang berlangsung sejak 2 Mei lalu ini diinisiasi oleh serikat pekerja penulis, Writers Guild of America (WGA).

Kejadian ini sudah dijalankan di Hollywood dan New York. Dengan banyaknya penulis yang mengikuti aksi mogok menandakan ada banyak produksi yang terhambat. Kejadian ini juga pernah berlangsung 15 tahun lalu.

Aksi mogok ini dilakukan sebagai bentuk tuntutan WGA terhadap perusahaan dan studio produksi tempat mereka bekerja. Mereka meminta upah yang layak hingga pengembangan kerja.

Acara bincang seperti Late Night Shows diputuskan vakum seperti Jimmy Kimmel Live dari ABC, The Late Show dari CBS, Tonight dan Late Night dari NBC. Acara The Daily Show dari saluran televisi Comedy Central juga vakum hingga waktu yang belum ditentukan.

Dari segi penulisan, serial Abbott Elementary, Andor, Big Mouth, Cobra Kai, Saturday Night Live, serta Yellowjackets dipertanyakan. Seluruh judul ini dalam proses penulisan untuk musim selanjutnya namun terhenti karena aksi mogok ini.

“Kami adalah acara yang menulis di saat (acaranya) sedang tayang. Jika aksi mogok ini berlangsung selama beberapa periode, acara kami tidak akan rilis tepat waktu dan jumlah episodenya bisa diubah dan saya yakin ini yang membuat publik kesal,” kata Brittani Nichols, salah satu penulis acara mengutip Variety.

“Saya menghentikan seluruh penulisan terkait ANDOR per tanggal 1 Mei,” kata Tony Gilroy, showrunner serial Andor. Sementara itu produksi Andor musim kedua sedang dilakukan di Inggris.

Ashley Lyle selaku penulis serial Yellowjackets menjelaskan mereka menghentikan proses penulisan setelah aksi mogok berlangsung. “Saya antusias kembali setelah WGA mendapat kesepakatan yang adil,” katanya.

Di sisi lain, beberapa produksi serial juga belum dimulai meski mereka menjadwalkan produksi di tahun ini. Produksi serial Cobra Kai musim keenam yang seharusnya berjalan di tahun ini belum dimulai setelah aksi mogok dilakukan.

Serial Anne Rice dan spin-off Walking Dead juga terhenti meski mereka sudah menyelesaikan naskah untuk serialnya.

Marvel juga menghentikan proses pre-produksi untuk serial Blade yang dibintangi Mahersala Ali. Begitu juga dengan Stranger Things yang tidak memulai produksi musim terbarunya sebagaimana yang diumumkan kreator Duffer bersaudara.

Di luar dari produksi, aktris Drew Barrymore mundur dari posisinya sebagai presenter MTV Movie Awards 2023 yang digelar beberapa waktu lalu.