Sudah Tahu Kegunaan Setting Spray untuk Makeup? Ini 6 Fakta yang Perlu Diketahui
Ilustrasi fakta dan cara memakai makeup setting spray (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setting spray adalah pengaturan makeup dengan aplikator spray yang diklaim mampu menjaga riasan Anda sepanjang hari. Kalau Anda berencana pergi ke luar kota, setting spray bisa diandalkan untuk memastikan makeup menempel dengan sempurna. Tetapi, apakah Anda memerlukannya untuk kebutuhan sehari-hari? Ini fakta yang perlu Anda tahu tentang setting spray untuk makeup.

1. Setting spray dipakai setelah memakai makeup

Spray yang satu ini, berfungsi serupa dengan makeup primer. Namun bedanya, spray ini diformulasikan untuk langkah terakhir dalam rutinitas riasan Anda. Sebelum menyemprotkan ke wajah, Anda harus menyelesaikan semua tahapan rias terlebih dahulu. Tujuannya untuk mencegah kosmetik Anda memudar sampai Anda membersihkannya nanti.

2. Hanya perlu diaplikasikan tipis saja

Menggunakan setting spray lebih banyak, tidak lebih baik untuk hasil akhir makeup. Bahkan jika ingin menggunakan spray riasan, hanya perlu disemprotkan tipis saja agar makeup tetap menempel sempurna.

fakta dan cara memakai makeup setting spray
Ilustrasi fakta dan cara memakai makeup setting spray (Freepik/lookstudio)

3. Setting spray mengandung berbagai bahan

Karena industri kecantikan berkembang cukup signifikan, setiap produk menawarkan keampuhan masing-masing dengan formula bahan yang berbeda-beda. Sebagian besar dibuat dengan bahan dasar air dan alkohol. Selain itu, mengandung bahan-bahan yang membuat lapisan tipis pada wajah Anda yang mencegah riasan memudar atau luntur. Anda mungkin perlu bereksperimen dengan produk sebelum menemukan produk yang paling cocok untuk Anda.

4. Beberapa setting spray terasa lengket

Mudahnya membayangkan Anda memakai hairspray pada rambut. Sama halnya memakai setting spray untuk makeup. Residu lengket hairspray dan setting spray menjaga riasan tetap pada tempatnya. Beberapa diantara produk setting spray terasa lengket. Meski tak semua, tetapi tekstur lengket ini bisa membuat Anda tak nyaman.

5. Tidak membutuhkan setting spray setiap hari

Jika Sebagian besar riasan Anda tetap terlihat sama di penghujung hari, melansir All Women’s Talk, Senin, 22 Mei, Anda mungkin tak memerlukan setting spray. Tetapi apabila berencana dinner dengan klien atau bersenang-senang yang membutuhkan performa prima, maka setting spray bisa diandalkan menjaga riasan Anda sepanjang acara.

6. Tidak semua tipe kulit cocok

Produk ini, setting spray, tidak bisa dipakai untuk kulit dengan kondisi tertentu. Seperti untuk kulit sensitif, mungkin setting spray tidak akan bekerja optimal karena kandungan alkohol dapat membuat kulit semakin kering saat menggunakannya.

Itulah enam fakta dan cara memakai setting spray. Apakah Anda sering menggunakannya? Sebagai pengguna produk yagn satu ini, Anda tetap perlu memastikan merawat kulit dengan baik agar kulit tetap sempurna.