5 Fakta Menarik Tentang Kucing Putih, Warna Menggemaskan yang Dimiliki Setiap Ras
Ilustrasi fakta menarik tentang kucing putih mata biru (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kucing bermantel putih sangat menggemaskan dan cantik. Kucing warna solid ini dimiliki setiap ras dengan panjang bulu bervariasi. Banyak kucing putih bermata biru, bahkan ada pula yang memiliki dua warna mata yang berbeda.

Dalam sejarahnya, setiap kucing memiliki kecantikan yang unik. Banyak pula fakta yang menarik tentang kucing berwarna salju yang putih dan menggemaskan seperti berikut ini.

1. Kucing berwarna putih memiliki gen dominan

Gen W merupakan gen penutup warna lain yang dominan. Ia akan ‘menyembunyikan’ setiap gen warna dan pola bulu lainnya dalam susunan genetik kucing. Ini yang menghasilkan warna putih seperti salju. Selain warna bulu, kucing putih memiliki warna mata yang unik. kucing ini memiliki warna mata yang mencolok, yaitu biru, hijau, kuning, oranye, bahkan kombinasi.

fakta menarik tentang kucing putih
Ilustrasi fakta menarik tentang kucing putih mata biru (Freepik/jcomp)

2. Banyak kucing putih tuli

Kucing putih bermata biru, banyak yang tuli, dilansir The Spruce Pets, Rabu, 31 Mei. Seperti mekanisme genetik pada bulu dan warna mata, ketulian total atau kurang pendengaran. Jika kucing tuli, ada beberapa tindakan pencegahan dan membuat mereka tetap aman. Paling penting bagi pemilik kucing putih berwarna biru dan tuli, tidak boleh mengejutkan mereka dan menggunakan isyarat visual daripada tanda verbal untuk komunikasi. Mereka mungkin kesulitan menghadapi bahaya dan berburu.

3. Kucing putih bukan albino

Memiliki kucing butih berbeda dengan kucing albino. Ada beberapa perbedaan utama, kucing putih memiliki kode gen bulu putih. Sedangkan kucing albino, adalah kondisi genetik yang menyebabkan kurangnya pigmentasi warna pada kulit, bulu, dan mata.

Cara termudah untuk menentukan apakah kucing itu albino atau bukan adalah dengan melihat matanya. Kucing putih, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dapat memiliki berbagai macam warna mata. Namun, kucing albino sering kali memiliki mata yang terlihat sangat pucat, biru, merah muda, atau merah.

4. Kucing putih dianggap sebagai hewan pembawa keberuntungan

Anggapan ini berdasarkan penilaian masyarakat yang tidak terkait dengan referensi ilmiah. Kalau kucing hitam pada beberapa budaya dianggap kucing pembawa sial, kucing putih dianggap melambangkan keberuntungan dan nasib baik.

fakta menarik tentang kucing putih
Ilustrasi fakta menarik tentang kucing putih mata biru (Freepik/wirestock)

5. Kucing putih paling sering ras persia

Kucing putih yang paling popular adalah kucing persia dengan bulunya panjang dan mata besar. Kucing persia warna salju ini paling sering menghias foto kalender, label makanan, atau produk lain yang berkaitan. Namun, jika Anda memiliki kucing putih perlu perawatan setidaknya grooming teratur agar bulu tidak kusut dan tidak kotor.

Selain kelima fakta tentang kucing putih di atas, kucing berwarna salju ini memiliki kepribadian yang unik. Kalau kucing oranye ramah dan bersahabat sedangkan kucing hitam penyayang dan bersahabat. Maka kucing putih dianggap pemalu dan lebih tenang daripada kucing berwarna lain.