Kesulitan Punya Teman? 4 Cara Ini Bisa Bantu Tingkatkan Kemampuan Sosialisasi Kami
Ilustrasi (Elina Fairytale/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Berteman memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental Anda. Baiknya kemampuan bersosialisasi jadi salah satu manfaat yang bisa didapat jika Anda memiliki teman. Sebaliknya, hidup akan terasa sendiri dan terisolasi jika Anda tidak berteman. 

Isolasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mental dan fisik. Sementara menjalin perteman dapat meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Penelitian terhadap 323.000 orang di seluruh dunia yang meneliti pentingnya memiliki teman menemukan bahwa mereka yang memprioritaskan persahabatan memiliki kesehatan dan kesejahteraan yang lebih tinggi secara keseluruhan.

Jika Anda merasa sulit untuk berteman, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menjalin hubungan baru dengan orang lain. Seperti apa? Simak selengkapnya di bawah ini, dilansir VOI dari Psychcentral, Selasa, 13 Juni.

Bergabung menjadi relawan

Bergabung dalam grup sukarelawan bisa jadi cara yang bagus untuk bertemu orang baru. Anda dapat membantu komunitas, mendukung orang-orang yang Anda peduli, dan membuat koneksi dengan orang baru.

Anda juga dapat meningkatkan kesejahteraan sosial Anda secara keseluruhan dengan menjadi sukarelawan untuk membantu orang lain. Misalnya, sebuah penelitian tahun 2018 pada 1504 peserta menemukan bahwa menjadi sukarelawan berkorelasi positif dengan:

  • kesehatan mental dan fisik
  • kepuasan hidup
  • kesejahteraan Sosial

Sebelum mengambil langkah, Anda dapat mempertimbangkan organisasi apa yang dirasa paling cocok bagi Anda.

Tunjukkan keinginan berteman melalui bahasa tubuh

Saat berada di pesta atau acara komunitas, gunakan bahasa tubuh yang mengekspresikan keterbukaan agar Anda bisa berinteraksi dengan orang lain. Saat bertemu seseorang, lakukan kontak mata, lambaikan tangan, anggukkan kepala, dan tataplah ke depan, alih-alih terus menunduk. Tunjukkan keramahan dan kesediaan berinteraksi dengan orang lain agar mereka mau berteman dengan Anda.

Mencoba kelas atau aktivitas baru

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru, Anda dapat mempelajari keterampilan dan mungkin membentuk koneksi baru. Berikut adalah beberapa ide untuk aktivitas yang dapat Anda coba:

  • ambil kelas tembikar di toko seni 
  • temukan liga olahraga yang menarik minat
  • belajar cara memasak di kelas memasak restoran lokal
  • menghadiri kelas yoga di studio lokal
  • bergabunglah dengan klub buku di perpustakaan setempat

Apa pun minatnya, Anda dapat merajut ikatan dengan orang baru yang membuat Anda nyaman.

Bersikaplah tulus kepada orang lain

Saat mengobrol dengan teman lama atau orang yang baru Anda temui, tunjukkan bahwa Anda benar-benar ingin mengobrol. Selain mengungkapkan kebaikan hati, keterlibatan penuh saat mengobrol membuat interaksi dengan orang lain terasa lebih seru dan menyenangkan.

Jadilah pribadi yang berpikiran terbuka

Asumsi bahwa Anda dan orang yang akan ditemui tidak memiliki kecocokan bisa membuat Anda kesulitan bersosialisasi. Mungkin Anda menganggap dia sangat bodoh, tidak keren, atau sangat pemalu untuk diajak berteman, tetapi jika Anda berpikiran terbuka dan membiarkan dia memperkenalkan diri, mungkin Anda menyadari bahwa Anda berdua memiliki banyak kesamaan lebih daripada yang Anda pikirkan.

Jadilah pribadi yang murah senyum

Hampir semua orang senang berinteraksi dengan pribadi yang selalu gembira dan energik. Meskipun Anda sedang kesal, berusahalah tersenyum saat berinteraksi dengan seseorang. Selain memberikan rasa nyaman, kebiasaan ini membuat orang lain ingin berinteraksi, mengobrol, dan berteman dengan Anda.