Asam Klorogenat pada Kopi, Ternyata Punya 5 Manfaat Ini untuk Kesehatan
Ilustrasi manfaat asam klorogenat pada kopi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak penelitian membuktikan kopi bermanfaat untuk kesehatan. Tentu ketika dikonsumsi dengan ukuran pas atau tidak berlebihan. Tampaknya, penemuan penelitian tentang manfaat kopi tak lepas dari kandungan asam klorogenat didalamnya.

Asam klorogenat adalah senyawa aktif biologis yang ditemukan pada tumbuhan, salah satunya kopi. Selain kopi, asam klorogenat juga terkandung dalam teh, plum, terong, pir, apel, tomat, blueberry, stroberi, dan kentang. Secara spesifik, berikut manfaat asam klorogenat dalam kopi.

1. Mendukung tekanan darah yang sehat

Penelitian dilansir Unicity Science, Kamis, 15 Juni, menunjukkan bahwa asam klorogenat dapat membantu menjaga tekanan darah Anda. Jadi, Anda bisa memilih biji kopi yang baik dan minum pada waktu yang tepat. Jangan sampai minum dengan jarak waktu dekat dengan dengan jam tidur supaya tak mengganggu istirahat malam Anda.

manfaat asam klorogenat pada kopi
Ilustrasi manfaat asam klorogenat pada kopi (Freepik)

2. Mendukung fungsi otak yang sehat

Pernahkah Anda mengalami hari yang padat dan sulit fokus? Kopi yang mengandung asam klorogenat adalah salah satu minuman yang bisa diandalkan untuk mengatasi kesulitan fokus. Pasalnya, asam klorogenat dapat membantu mendukung fungsi kognitif yang sehat. Selain menyesap secangkir kopi, Anda juga bisa mengudap apel agar tetap terjaga dan lebih baik menyimpan informasi atau daya ingat.

3. Memengaruhi suasana hati dan rasa sejahtera

Asam klorogenat tak hanya memberikan stamina mental yang tinggi. Tetapi juga dapat memiliki efek positif pada suasana hati. Sama seperti olahraga dan manajemen stres yang baik, diet dan nutrisi memainkan peran penting dalam memengaruhi suasana hati Anda dan mendukung kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Jadi, stok di dapur Anda dengan makanan kaya asam klorogenat dan lihat pengaruhnya terhadap suasana hati Anda selama 30 hari ke depan.

manfaat asam klorogenat pada kopia
Ilustrasi manfaat asam klorogenat pada kopi (Freepik)

4. Membantu mengelola tingkat glukosa sehat

Asalkan tak diminum bersama gula dan krimmer yang kaya karbohidrat dan gula, kopi bisa jadi bermanfaat dengan kandungan asam klorogenat-nya. Asam klorogenat memiliki potensi untuk mendukung kadar glukosa darah yang sehat melalui pengurangan penyerapan glukosa usus serta mengurangi pengeluaran glukosa oleh hati.

5. Manajemen berat badan

Mempertahankan kadar glukosan tubuh yang sehat adalah cara efektif untuk mengatur berat badan. Saat Anda membiarkan tubuh Anda masuk ke mode pembakaran lemakpenurunan berat badan bisa terjadi. Asam klorogenat telah terbukti memengaruhi metabolisme glukosa dan lemak, yang dapat mendukung penurunan berat badan yang sehat dari waktu ke waktu.

Itulah kelima manfaat asam klorogenat yang terkandung dalam kopi. Penting juga diperhatikan bahwa minum kopi perlu dilakukan seimbang dengan gaya hidup sehat. Selain itu, catat makanan yang mengandung asam klorogenat sebagai pilihan alternatif disamping kopi.