Kucing Menggigit Manja saat Dielus, Kenali Maksud <i>Love Bites</i> dari Anabul Kesayangan
Ilustrasi love bites kucing dan cara mengatasi (Freepik/master1305)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat Anda mengelus anabul kesayangan, tak jarang si kucing menggigit manja tangan Anda. Mungkin ini membuat bertanya-tanya, kenapa kucing yang disayang menggigit tangan. Nah, gigitan yang tanpa diikuti agresi, disebut cat love bites. Love bites kucing ini biasanya tidak menyebabkan Anda mengeluarkan darah atau sampai terluka parah.

Menurut ahli perilaku hewan bersetifikat Dr. Kelly Ballantyne, menggigit pemilik saat membelai adalah salah satu masalah perilaku kucing yang paling umum. Dokter hewan mempertimbangkan ap aitu love bites dan mengapa kucing melakukannya. Lantas bagaimana pemilik kucing bereaksi jika mendapatkan perlakuan ‘cinta’ dari kucing kesayangannya tersebut?

Gigitan cinta atau love bites berbeda dengan gigitan yang bersifat agresi. Ketika menggigit manja, kucing tidak menyerang. Kucing menggigit dengan agresi, biasanya saat mereka takut, defensif, atau bertindak ketika teritorinya diganggu.

“Ini dimulai dengan menjilati, dan perilaku perawatan lebih intens, dan Anda mungkin merasakan gigitan kecil pada kulit,” jelas Dr. Wailani Sung, staf dokter hewan di San Fransisco SPCA dilansir PetMD, Selasa, 20 Juni.

love bites kucing dan cara mengatasi
Ilustrasi love bites kucing dan cara mengatasi (Freepik/freepic.diller)

Tanda lain love bites dari kucing, adalah tidak ada tanda-tanda agresi seperti mendesis, menggeram, dan mencakar. Biasanya, love bites dilakukan saat tubuh kucing cukup santai meskipun kuecing tegang sesaat sebelum menggigit. Sayangnya, tak banyak penelitian membuktikan mengapa kucing menggigit love bites. Ini hanya didasarkan spekulasi, jelas Dr. Liz Stelow, Kepala Layanan Perilaku Klinis, Rumah Sakit Pendidikan Medis Hewan, Universitas California.

Istilah ‘gigitan cinta’ juga tak sepenuhnya benar. Karena ketika kucing menggigit dalam konteks kasih sayang, bukan tanda kasih sayang tetapi sinyal bahwa mereka sudah selesai berinteraksi. Jika belaian berlanjut meskipun kucing berusaha memberi tanda bahwa ia sudah selesai dibelai, kucing dapat meningkat menjadi gigitan. Ini berarti bahwa gigitan cinta kucing bisa jadi akibat stimulasi berlebihan.

Selain itu, bisa juga dilakukan kucing karena perawatan. Selama ia ‘mandi’ dan menjilati tubuhnya, ia memakai gigi seri untuk merawat area tertentu. Kucing Anda mungkin memberikan love bites untuk merawat Anda dengan Bahasa tubuh kucing. Di samping itu, penting juga mengenali karakter kucing Anda di rumah. Tidak semua kucing suka dibelai. Itu artinya, ketika kucing menggigit karena tak terlalu senang dibelai

Kalau Anda mendapatkan gigitan love bites dari kucing kesayangan, perhatikan bahasa tubuhnya. Kalau anabul merasa tak nyaman, seperti telinga ke samping dan ekor bergerak-gerak, berhentilah mengelus. Jika tidak, Anda harus siap menerima respons dari elusan, yaitu gigitan. Kalau kucing menggigit hingga terluka, pastikan segera mencuci lukanya. Penting untuk bertemu dokter apabila luka diikuti pembengkakan, nyeri atau kemerahan yang menyebar.

Penting dipahami, menggigit adalah perilaku umum kucing. Meski begitu, perilaku ini dapat dikelola dan dipelajari sehingga perilaku kucing bisa diarahkan. Namun kita juga mesti menoleransi serta menghormati maunya kucing kalau tak suka dielus.