5 Kebiasaan Hidup Sehat yang Perlu Dijalani Pria Usia 40an
Ilustrasi (Amine M 'siouri/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ada banyak kondisi medis yang dapat dialami pria setelah usia 40 tahun. Kondisi ini bisa diperparah jika Anda tidak mengambil langkah tepat untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Beberapa penyakit tersebut diantaranya termasuk tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, nyeri kronis seperti artritis, kolesterol tinggi, masalah jantung, osteoporosis, dan depresi.

Untuk itu, penting menjalani gaya hidup yang sehat dan bugar demi menghindari masalah kesehatan di masa depan. Ingatlah. tidak ada kata terlambat untuk memulai hal-hal baik. Penasaran dengan kebiasaan hidup sehat yang perlu dilakukan pria usia 40an? Berikut penjelasannya dilansir dari laman Eat This, Jumat, 23 Juni.

Hindari stres

Saat Anda stres, semua sistem dalam tubuh Anda akan meresponsnya dengan cara yang berbeda-beda. Stres yang bersifat kronis dapat berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda stres, cobalah untuk tenangkan diri sambil mengambil napas dalam-dalam dan embuskan secara perlahan. Lakukan hal tersebut berulang kali sampai merasa lebih rileks.

Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya yang Anda senangi, seperti membaca buku, menonton film, atau lainnya. Intinya, buatlah diri Anda merasa nyaman dengan cara yang Anda senangi.

Perbanyak habiskan waktu di luar ruangan

Membenamkan diri di alam menghasilkan keajaiban bagi pikiran, tubuh, dan jiwa. Terutama jika Anda bekerja dari rumah, rutinitas harian Anda bisa terasa sangat jenuh dan membosankan. Pada awalnya Anda pasti merasa terlalu malas meninggalkan rumah untuk aktivitas luar ruangan. Namun, setelah sepekan dilakukan Anda akan terbiasa dengan kebiasaan baru ini. Cukup habiskan 15-30 menit waktu di luar ruangan, Anda bisa membantu Anda menjernihkan pikiran, memberi waktu memikirkan ide-ide baru agar lebih produktif, dan memberi energi saat merasa lesu.

Minum banyak air putih

Mengisi tubuh Anda dengan banyak air putih membawa sejumlah manfaat. Air putih memberikan pelumasan pada persendian, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, mengatur suhu tubuh, bahkan membantu Anda menurunkan berat badan. Minum air putih di pagi hari juga membantu otak untuk bangun, menambah elektrolit tubuh, serta mengurangi brain fog.

Buat jadwal waktu tidur dan bangun yang konsisten

Rajin olahraga dan makan makanan yang bernutrisi tinggi akan berakhir sia-sia kalau Anda sendiri kurang tidur. Menurut Cheri Mah, pakar masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California, tidur adalah kebutuhan paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat.

Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika kebiasaan hidup sehat ini goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan Anda. Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7 – 9 jam per malam. Jadi, pastikan kalau setiap malam Anda tidur setidaknya 7 – 9 jam. 

Meditasi

Terakhir, luangkan waktu dalam jadwal sibuk Anda untuk bermeditasi. Ketika overthinking melanada atau Anda merasa stres, berlatih meditasi, baik bergerak atau duduk. Setelah itu, rasakan keajaiban  dari meditasi.