Cara Mencegah Gigi Terkikis dan Kuning Bagi Peminum Kopi Rekomendasi Pakar
Ilustrasi cara mengatasi gigi terkikis dan kuning karena minum kopi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Meminum secangkir kopi selama berjam-jam, ternyata berisiko pada gigi Anda. Menurut dokter gigi Suhail Mohiuddin, DDS., karena gula dan asam dalam kopi dapat bertahan di mulut pada jangka waktu lebih lama. Ini meningkatkan kerusakan gigi karena gula dan asam kopi dapat mengikis enamel gigi.

Dokter gigi kosmetik yang berbasis di New York, Michael Wei, DDS., menyarankan sebaiknya minum kopi Anda dengan cepat. Ini membantu mengurangi risiko kerusakan gigi. Selain rusak, kopi juga dapat menyebabkan perubahan warna gigi karena tanin dalam kopi.

Minuman dari biji kopi ini, berwarna gelap karena tannin. Ini sama alasannya kalau Anda minum wine, yang ternyata juga menyebabkan perubahan warna gigi menjadi lebih kuning. Nah, cara agar kopi tak mengganggu kesehatan gigi Anda, pertama, minum banyak air sambil minum kopi bisa membantu menghilangkan sisa kopi di gigi Anda. Dengan membantu tetap terhidrasi, Anda akan membatasi minum kopi.

cara mencegah gigi terkikis dan kuning karena minum kopi
Ilustrasi cara mencegah gigi terkikis dan kuning karena minum kopi (Freepik/master1305)

Dokter Wei memberikan saran lain, yaitu segera habiskan kopi dalam waktu 10 menit. Katanya, dengan waktu tersebut memungkinkan Anda menikmati rasa dan efek relaksasi tanpa merasakan terlalu pahit atau berlebihan. Namun penting diingat, minum kopi terlalu cepat dapat mengiritasi perut Anda. Jadi, penting mengenali dan melakukan yang terbaik pada sistem tubuh Anda.

Penting pula diingat, potong asupan gula. Batasi pula pemakaian sirup apalagi kalau Anda harus minum kopi berkali-kali dalam sehari. Paling penting dilakukan, bilas mulut setelah minum kopi.

“Air liur memainkan peran penting dalam menetralkan asam dan melindungi gigi dari masalah gigi. Minum kopi dengan cepat atau berkumur dengan air setelah konsumsi kopi dapat membantu merangsang produksi air liur, yang dapat membantu membersihkan sisa kopi dan mengurangi potensi dampak negatif pada gigi Anda,” kata Dr. Tina Saw, DDS, dokter gigi berbasis di Carlsbad dilansir Well+Good.

cara mencegah gigi terkikis dan kuning karena minum kopi
Ilustrasi cara mencegah gigi terkikis dan kuning karena minum kopi (Freepik/Racool_studio)

Jadi, bagi Anda peminum kopi, lakukan teratur menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang, dan berkumur obat kumur. Saat minum kopi, Dr. Saw juga menganjurkan untuk menyikat gigi 15 hingga 30 menit setelah menghabiskan secangkir kopi atau berkumur dengan air untuk mengurangi keasaman di mulut.