Alasan Mengapa Kucing Suka Tidur di Kaki Pemiliknya, Tidak Sekedar Manja-manjaan
Ilustrasi kucing suka tidur di kaki (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kucing sering melakukan tingkah-tingkah aneh yang membuat kita gemas. Hewan berbulu ini biasanya menunjukkan perilaku manja atau ingin disayang oleh pemiliknya. Salah satunya kucing suka berbaring di sekitar kedua kaki kita. Banyak pemilik anabul yang penasaran mengapa kucing suka tidur di kaki? 

Kucing terlihat nyaman berbaring di sekitar kaki kita hingga tertidur pulas. Anda mungkin heran mengapa anabul Anda memiliki tidur di kaki, padahal sudah dibuatkan tempat tidur khusus peliharaan atau di kandangnya. Ternyata ada alasan mengapa kucing suka tidur di kaki. 

Alasan Mengapa Kucing Suka Tidur di Kaki

Sebagai cat owner pastinya Anda ingin menyediakan tempat aman, empuk, dan bersih agar kucing bisa tidur dengan nyaman. Tapi kucing malah terus mendekati Anda dan memilih bersantai di sekitar kaki Anda. 

Berikut ini sejumlah alasan mengapa kucing suka tidur di kaki:

Merasa Lebih Aman

Kucing adalah hewan yang selalu waspada dengan keadaan di sekitarnya, begitupun ketika sedang tidur. Kucing akan memilih tempat yang aman untuk beristirahat memejamkan matanya. Bagi kucing peliharaan, tempat paling aman adalah berada di dekat pemiliknya. 

Itulah mengapa kucing suka tidur di antara kaki pemiliknya. Saat berada di dekat pemiliknya, kucing merasa lebih aman atau terlindungi. Jadi saat merasa terganggu atau terancam, kucing bisa dengan cepat membangunkan pemiliknya. 

Mencari Tempat Hangat

Alasan lain kucing suka tidur di antara kaki Anda adalah karena ia mencari tempat yang hangat. Ketika terlelap, suhu pada tubuh kucing akan turun beberapa derajat. Seperti manusia, kucing memilih tempat tidur yang hangat untuk beristirahat. 

Salah satu tempat hangat bagi kucing peliharaan adalah di antara kaki pemiliknya. Hewan peliharaan ini akan gelendotan atau bersandar di kaki pemiliknya karena merasa hangat dan nyaman. Karena kucing sudah menaruh kepercayaan kepada pemiliknya, saat Anda bergerak pun kucing tidak akan terganggu. 

Menjaga Pemiliknya

Kucing adalah salah satu hewan yang bisa membangun ikatan emosional dengan manusia. Kucing peliharaan yang sering disayang pemiliknya merasa punya tanggung jawab untuk menjaga majikannya. Ketika kucing berada di sekitar kaki Anda, itu dapat menjadi tanda ia ingin berjaga-jaga untuk Anda. 

Kucing juga ingin memastikan agar pemiliknya merasa aman. Kucing akan selalu sigap ketika ada sesuatu yang membahayakan dirinya maupun pemiliknya. Meski ukuran tubuhnya kecil, kucing akan mengandalkan cakar dan taringnya saat merasa terancam. 

Menandai Pemiliknya

Masih belum banyak yang tahu bahwa kucing termasuk hewan teritorial yang protektif. Sikap protektif ini membuat kucing akan menandai area kekuasaannya, makanannya, hingga pemiliknya. Jika kucing sering berada di sekitar kaki Anda, itu jadi pertanda ia ingin menandai bahwa Anda adalah miliknya. 

Kucing mengenali pemiliknya dari aroma khas yang keluar dari Anda atau bau kucing yang menempel di tubuh Anda. Saat ada kucing lain yang mendekati Anda, kucing tidak suka dan akan menyerangnya. 

Menghargai Pemiliknya

Ternyata kucing juga bisa menghargai pemiliknya. Salah satu cara kucing menghormati pemiliknya adalah dengan sering bermain atau bermanja di sekitar Anda. Jadi saat kucing berbaring di dekat kaki Anda, maka berarti anabul telah menjalin ikatan yang kuat dengan Anda. 

Tanpa Anda sadar, sebenarnya kucing diam-diam juga memperhatikan pemiliknya. Kucing mengamati bagaimana Anda merawat dan memperhatikannya. Mulai dari memberi makan, mengelus tubuhnya, hingga menggendongnya. Kucing akan mengapresiasi perhatian Anda dengan cara sering berada di sekitar Anda. 

Demikianlah alasan mengapa kucing suka tidur di kaki Anda. Selain mencari tempat istirahat yang aman dan hangat, kucing juga ingin menunjukkan bentuk kasih sayang dan apresiasi dengan cara sering berada di dekat Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.