Jangan Asal Pakai, Inilah 4 Jenis Pisau Daging Beserta Kegunaannya
Ilustrasi pisau daging (Foto: Official Websire Misen)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jenis pisau daging ternyata cukup beragam dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Anda dapat dengan mudah memotong daging jika menggunakan pisau yang tepat. Nah, artikel ini akan mengulas jenis pisau daging beserta kegunaannya. Baca terus sampai habis, supaya Anda dapat memilih pisau yang tepat untuk memotong daging.

Jenis Pisau Daging

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis pisau daging beserta kegunaannya yang perlu Anda ketahui:

  1. Meat cleaver

Ini adalah jenis pisau daging yang paling umum digunakan. Ciri khas pisau ini yakni berbentuk persegi, berukuran besar, dan bobotnya cukup berat.

Meat cleaver knife dapat digunakan untuk memotong tulang daging yang besar. Hal ini karena bentuk pisaunya yang sangat lebar serta memiliki gagang yang kokoh.

Pisau meat cleaver memiliki lubang di bagian ujung sudutnya. Tentunya hal ini memiliki fungsi dan tidak sekadar dekorasi.

Fungsi lubang pada sudut pisau meat cleaver adalah untuk mempermudah menggantungkan pisau.

Meat cleaver memiliki ukuran yang sangat besar jika dibandingkan dengan jenis pisau lain sehingga agak sulit untuk dimasukkan ke dalam wadah pisau bersama yang lainnya.

Oleh sebab itu, Anda bisa dengan mudah menggantungkan pisau meat cleaver di dapur Anda dengan bolongan pada ujungnya.

  1. Pisau Carving

Jenis pisau daging yang kedua adalah carving knife. Pisau ini digunakan untuk memotong daging mentah, dahing unggas, dan juga daging panggang yang dimasak besar.

Carving kniefe umumnya sedikit bergerigi dan memiliki ukuran 20 cm. Pisau jenis ini banyak dimanfaatkan untuk membuat irisan daging yang tipis.

  1. Pisau Scimitar

Jenis pisau daging yang satu ini berbentuk agak melengkung. Cimeter knife termasuk pisau yang tebal dan keras. Ketebalan pisau scimitar mulai dari 1,5 cm hingga 3 cm dan panjangnya mulai 20 cm hingga 35 cm.

Pisau scimitar kerap digunakan untuk memotong daging berukuran besar yang akan diolah menjadi steak.

Selain itu, pisai ini juga dapat digunakan untuk menguliti binatang seperti sapi, kambing, domba, dan lain sebagainya.

  1. Pisau sharp table

Sharp table knife alias steak knife merupakan pisau khusus yang digunakan untuk memotong steak di meja makan.

Itulah mengapa pisau daging jenis ini disebut sebagai sharp table knife. Pisau ini umumnya diletakkan di meja makan saat Anda akan menyantap hidangan berupa steak.

Sharp table knife memiliki bentuk yang agak kecil dan juga tipis. Mata pisau jenis ini dibuat bergerigi yang dapat memudahkan Anda untuk memotong daging steak.

Demikian informasi tentang jenis pisau daging beserta kegunaannya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.