Penting Dipahami, Ini 7 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Ketika Anak Bosan
Ilustrasi aktivitas yang bisa dilakukan ketika anak bosan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ketika anak mengatakan “Saya bosan”, ini bisa berarti dua hal. Pertama bisa karena ia sedang baik secara emosional tetapi membutuhkan aktivitas yang menantang atau ingin mewujudkan sesuatu. Berbeda ketika anak-anak mengatakan bosan tetapi dalam kondisi masalah tertentu. Untuk itu, psikolog developmental Dona Matthews, Ph.D., merekomendasikan aktivitas di bawah ini.

1. Luangkan waktu untuk menanggapi

Bagi orang tua, jika anak atau remaja memberi tahu bahwa mereka bosan, hentikan apa yang Anda lakukan dan tarik napas dalam-dalam. Perlambat diri dan luangkan cukup waktu untuk mencari tahu apakah mereka perlu berbicara. Setelah memastikan kebutuhan fisik, sosial, intelektual, dan psikologis mereka terpenuhi, bantu anak menyambut waktu senggang mereka untuk aktivitas menarik.

2. Tanyakan apa yang perlu dilakukan

Terkadang hanya dengan menanyakan apakah ada sesuatu yang perlu dilakukan, sudah cukup membuat anak-anak berpikir kreatif. Jika tidak, Anda sebagai ortu bisa melanjutkan ke salah satu aktivitas yang disukai anak.

aktivitas yang bisa dilakukan ketika anak bosan
Ilustrasi aktivitas yang bisa dilakukan ketika anak bosan (Freepik)

3. Buatlah daftar aktivitas untuk mengatasi bosan

Bekerjasamalah dengan anak Anda, buat daftar pekerjaan rumah tangga yang sesuai dengan usianya saat mereka bosan. Kalau dilakukan dengan sudut pandang yang benar, tugas bisa menyenangkan. Misalnya memilah buku-buku mereka, mengajak hewan peliharaan bermain, atau membuat dekorasi untuk kamar mereka.

4. Bantu anak untuk memulai aktivitas

Mungkin anak Anda membutuhkan bantuan untuk mengeluarkan perlengkapan seni atau peralatan olahraga, seseorang untuk membawanya ke taman atau perpustakaan, atau beberapa bahan atau dukungan lain untuk melakukan sesuatu yang ingin mereka lakukan. Jadi, dukung anak-anak untuk memulai aktivitasnya.

5. Buat toples ide

Lakukan brainstorming aktivitas yang disukai anak atau remaja Anda, hal-hal seperti membaca, bermain kartu, dan mendengarkan musik. Tuliskan masing-masing, atau minta anak Anda melakukannya, dan masukkan ke dalam toples berlabel "Ide Hebat Mengatasi Kebosanan". Setiap kali mereka mencari sesuatu untuk dilakukan, kata Matthews dilansir Psychology Today, Minggu, 23 Juli, mereka dapat menjangkau dan melihat ide apa yang mereka keluarkan secara acak sampai mereka menemukan sesuatu yang ingin mereka lakukan.

aktivitas yang bisa dilakukan ketika anak bosan
Ilustrasi aktivitas yang bisa dilakukan ketika anak bosan (Freepik)

6. Ijinkan anak untuk pergi keluar dan bermain

Menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan, bisa jadi solusi mengatasi kebosanan yang paling sehat, terutama dilakukan anak-anak yang menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan. Bahkan taman lingkungan dapat memiliki nuansa baru pada waktu yang berbeda, seperti saat malam, saat gerimis, atau saat matahari terbit.

7. Sarankan sejumlah aktivitas yang bisa ditekuni anak

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan anak saat bosan. Ini artinya, orang tua juga harus tetap kreatif mengemas ide aktivitas mengasyikkan. Seperti menyarankan anak untuk membaca buku lalu membuat ulasan dengan caranya, misalnya ulasan berbentuk kolase gambar.

Bisa pula anak-anak membuat sudut sains di rumah, membuat karya seni dari kapas, karton, daun kering, hingga potongan kain. Selain itu, anak-anak juga bisa mengisi waktu membuat musik dari alat musik, seperti dari tabung pipa, tongkat kayu, plastik. Ide aktivitas mengatasi anak bosan yang terakhir ini, Anda bisa meletakkan alat perekam dan minta anak-anak membuat suara dari benda-benda di sekitarnya.